WFQR lantamal IV Tangkap Dua Kapal Asing Bermuatan Ribuan Ton Beras | SWARAKEPRI.COM
BATAM

WFQR lantamal IV Tangkap Dua Kapal Asing Bermuatan Ribuan Ton Beras

KUNJUNGAN DANLANTAMAL IV/TANJUNGPINANG KE MAKO LANAL BATAM PADA SAAT PENGUNGKAPAN PENANGKAPAN KAPAL ASING

BATAM – Tim Gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 1, Sea Rider 2 dan Sea Rider Tim 1 Jatanrasla berhasil mengamankan kapal MV Alkar Trust dan MV Kar Trust  yang sedang melaksanakan ship to ship muatan beras, di perairan Teluk Sebong Bintan pada koordinat  01° 12′ 791″ N – 104° 15′ 297″ E, pada Selasa (8/5/2018).

Penangkapan berawal dengan adanya informasi intelijen bahwa akan ada aktifitas transfer muatan pada salah satu kapal yang sedang lego jangkar di perairan Batam.

Selanjutnya Tim Gabungan WFQR IV melaksanakan patroli dan penyekatan  beberapa titik yang kemungkinan dijadikan sebagai area lego jangkar oleh kapal tersebut.

Pada saat patroli akhirnya terdeteksi dua kapal yang mencurigakan dalam posisi berdampingan, selanjutnya tim WFQR menuju ke kapal sasaran. Setibanya di lokasi selanjutnya Tim WFQR melaksanakan pemeriksaan terhadap kedua kapal tersebut. Pemeriksaan terhadap kedua kapal juga diback up oleh Patkamla Sea Rider 1 Lanal Batam dan Sea Rider Tim 1 Jatanrasla.

“Berdasarkan data awal pemeriksaan dokumen dan muatan diketahui kapal MV Alkar Trust bermuatan beras produk Myanmar White Rice 25 PCT Brokens Emata dengan masa expired bulan September 2019,” terang Danlantamal IV / Tanjungpinang, Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno, pada Jumat (11/05/2018).

Ia mengatakan, pada saat penangkapan kapal  sedang melaksanakan kegiatan ship to ship muatan beras ke kapal MV Kar Trust di perairan Teluk Sebong, Bintan dengan muatan total beras yang berhasil dipindahkan 4.2888,8 ton. Sementara, masih tersisa 300 ton beras di kapal MV. Alkar Trust.

Diketahui pula bahwa kapal tersebut mempekerjakan 49 orang pekerja dari Batam, yang terdiri dari operator crane dan buruh angkut untuk membantu pelaksanaan ship to ship tersebut.

“Kedua kapal tersebut milik salah satu perusahaan pelayaran Singapura dan rencananya muatan beras tersebut akan dibawa ke Singapura,” terang Eko.

Saat ini, kedua kapal beserta ABK dan muatan diamankan oleh Lanal Batam, dan pada saat ini sedang dilaksanakan pemeriksaan lanjut terhadap muatan kedua kapal oleh Tim Intelijen Lantamal IV dan Tim Intelijen Lanal Batam.

 

 

Penulis    : Roni Rumahorbo

Editor      : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top