DPRD Batam Gelar rapat Kasus Cessie Bank Cimb Niaga – SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

DPRD Batam Gelar rapat Kasus Cessie Bank Cimb Niaga

Anggota Komisi I Dprd Batam, Lik Khai./Foto:Ist

BATAM – Masalah pengalihan hak tagih atau cessie PT Bank Cimb Niaga mendapat sorotan DPRD Batam. Komisi I DPRD Batam menggelar rapat dengar pendapat pada Jumat (9/5/2021) guna membahas masalah ini dengan pihak-pihak terkait.

Pimpinan rapat, Lik Khai, mempertanyakan titik permasalahan tersebut kepada pihak pertama, Kurnia Fensury yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Nasrul.

“Pak Kurnia selaku pihak pertama, bagaimana kronologis awal terjadinya permasalahan ini,” tanya Lik Khai memulai.

Nasrul, kuasa hukum Kurnia Fensuri mengungkap kronologi masalah ini yang berawal ketika Kurnia Fensury menggadaikan rumahnya yang terletak di Beverly Park No.16 Blok 11, Batam Center, Kota Batam, ke bank Cimb Niaga. Perjanjian kredit tersebut berdasarkan surat No.007 / PK / 294/2/11/12 tertanggal 27 November 2012 lalu.

“Saat itu belum ada masalah karena pembayaran masih menggunakan auto debet dan sisa angsuran kredit klien saya tinggal Rp 33 juta lagi,” kata Nasrul.

Masalah muncul ketika pada 11 September 2020 secara tiba-tiba Bank Cimb Niaga melayangkan surat somasi 1 dan 2 yang berisi harus membayarkan biaya angsuran pokok, bunga, dan denda senilai Rp 91 juta dengan batas waktu pembayaran 18 September 2020.

Disebutkan Nasrul bahwa kliennya tidak mempermasalahlan hal tersebut dan mau membayar semua biaya sebesar Rp 91 juta saat itu. Namun ketika kliennya menghubungi pihak Bank Cimb Niaga (Guntur Purba) justru disarankan untuk mengajukan permohonan keringanan pembayaran kepada Bank Cimb Niaga sebesar Rp 41 juta.

Pada 20 September 2020 pihak Bank Cimb Niaga menolak permohonan keringanan pembayaran seperti yang disarankan oleh Guntur. Penolakan tersebut tertuang di dalam surat No.675/CRSD-PA/SMT/MZ/IX/20.

“Yang lebih tragis Bank Cimb Niaga saat itu secara sepihak juga telah mengalihkan rumah klien saya kepada pihak ke-3 (Wahyudi),” beber Nasrul.

Mendapati informasi yang janggal tersebut kliennya berusaha menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Namun menurut Nasrul pihak Bank Cimb Niaga dan Wahyudi seperti terus mengulur-ulur waktu.

Sebagai kuasa hukum pelapor, Nasrul telah melakukan somasi sebanyak 2 kali pada tanggal 15 Desember 2020 dan tanggal 31 Desember 2020 kepada Bank Cimb Niaga serta telah bertemu secara langsung dengan Wahyudi pada bulan Oktober 2020 sampai dengan November 2020.

“Tanggal 2 Februari 2021 klien saya kembali mendapati surat dari Bank Cimb Niaga tertanggal 19 Januari 2021 yang pada intinya pernyataan telah terjadi Pengalihan Hak Tagih (Piutang) dari Bank Cimb Niaga terhadap kredit klien saya,” jelasnya.

Nasrul juga mendapat pesan melalui aplikasi Whatsappnya dari pihak Bank Cimb Niaga. Pesan tersebut berisi surat dengan No. 690/CRAD-PA/SMT/MZ/IX/2020 tertanggal 30 September 2020. Padahal menurut pengakuan Nasrul, kliennya tidak pernah menerima surat tersebut sama sekali.

“Inti dari surat tersebut adalah surat pemberitahuan telah terjadi cessie kredit antara saya kepada Wahyudi,” tegasnya.

Sejak Wahyudi memegang cessie kredit tersebut, menurut Nasrul, Wahyudi tidak pernah menghubungi dan memberitahukan kepada kliennya selaku pemilik rumah. Nasrul juga mengungkapkan bahwa Wahyudi telah menjual rumah tersebut kepada Juliana (pihak ke-4) sebesar Rp 585 juta.

“Atas dasar tersebut, kami melaporkan Bank Cimb Niaga dan pihak ke-3 (Wahyudi) ke Polsek Batam Kota,” tutupnya.

Sementara itu, Juliana yang hadir dalam rapat tersebut mengungkapkan bahwa dirinya membeli rumah tersebut melalui lelang sukarela di Pejabat Lelang Kelas II, Wany Thamrin.

Ia mengaku bahwa saat mengikuti pelelangan dirinya tidak mengetahui bahwa rumah tersebut sedang bermasalah hukum.

“Saya tidak tau, saya rugi Rp 585 juta dan tidak bisa menguasai rumah itu,” tutupnya./Red

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top