Ini Efek Samping Konsumsi Teh Berlebihan  – SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Ini Efek Samping Konsumsi Teh Berlebihan 

foto: istimewa

JAKARTA – Teh merupakan salah satu minuman favorit yang sering dikonsumsi banyak orang. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat melegakan tenggorokan jika sedang tidak enak badan.

Selain itu, teh juga dapat mengurangi risiko kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, mengonsumsi teh lebih dari tiga sampai empat cangkir sehari dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik.

Dikutip dari Healthline, berikut enam efek samping mengonsumsi teh berlebihan:

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh adalah minuman yang kaya akan senyawa tanin. Tanin dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu, sehingga tidak bisa diserap di saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa tanin cenderung menghambat penyerapan zat besi dari sumber nabati daripada dari makanan hewani. Jika kadar zat besi dalam tubuh cukup rendah, asupan teh yang berlebihan dapat memperburuk kondisi Anda.

2. Meningkatkan kecemasan dan stres berlebihan

Daun teh secara alami mengandung kafein yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan kecemasan serta rasa stres yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi jika Anda mengonsumsi lebih dari tiga cangkir teh per harinya.

Teh herbal bebas kafein bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengurangi efek samping yang negatif. Teh herbal tidak dianggap sebagai teh asli karena tidak berasal dari tanaman Camellia sinensis dan dibuat dengan bahan bebas kafein lainnya.

3. Tidur jadi terganggu

Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatonin sehingga mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Kurang tidur seringkali dikaitkan dengan kelelahan dan kontrol gula darah yang kurang baik. Untuk itu, asupan kafein dalam teh perlu dikurangi untuk memperbaiki pola tidur Anda.

4. Mual

Senyawa tertentu dapat menyebabkan rasa mual apabila dikonsumsi secara berlebihan, terlebih lagi saat perut dalam keadaan kosong. Sifat astringen dari tanin yang terkandung dalam teh dapat mengiritasi jaringan pencernaan, sehingga menyebabkan mual atau sakit perut.

5. Maag

Kafein dalam teh dapat menyebabkan mulas atau memperburuk refluks asam yang sudah ada sebelumnya karena kemampuannya untuk mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. Hal ini dapat meningkatkan produksi asam di perut.

Jika Anda rutin mengonsumsi teh dalam jumlah besar dan sering mengalami mulas, ada baiknya untuk mengurangi asupan minuman tersebut. Hal ini juga dilakukan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

6. Sakit kepala

Konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala berulang. Meskipun kadar kafein dalam teh lebih rendah dibandingkan kopi dan minuamn soda, cobalah untuk mengurangi asupan kopi bila sakit kepala terus menerus terjadi.



Sumber: detik.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top