Categories: TEKNOLOGI

Peneliti Temukan 12 Ribu Bakteri Baru di Bumi


JAKARTA – Para peneliti dari US Department of Energy Joint Genome Institute menemukan sebanyak lebih dari 12 ribu bakteri baru yang hidup di Bumi.

Pekerjaan tersebut melibatkan pemeriksaan 52 ribu sampel DNA yang diambil dari lautan, tanah, hewan, dan manusia yang berisi campuran DNA bakteri.

Lalu mereka mampu menarik dan merekonstruksi DNA sebanyak 12 ribu spesies tunggal dari campuran sup genetik dan meningkatkan keragaman spesies, seperti dilansir Daily Mail.

Penemuan ini dapat mengarah pada protein baru yang ditemukan dalam bakteri yang mungkin menjadi sumber daya masa depan studi selanjutnya.

Para peneliti juga dapat mengidentifikasi kemungkinan bakteri inang untuk virus yang sejauh ini tidak dapat ditumbuhkan oleh para ilmuwan di laboratorium.

Sumber daya asli dari 52.515 sampel adalah upaya terbesar hingga saat ini untuk menangkap luasnya keragaman genom bakteria dan archaea di seluruh bioma bumi.

“Mikroba sangat penting untuk sejumlah proses ekosistem dengan implikasi penting untuk siklus biogeokimia, pertanian, biofuel, serta kesehatan manusia,” kata peneliti Emily Eloe-Fadrosh.

Menurut tim peneliti, meskipun ada peningkatan 3,6 kali lipat dalam materi genetik yang dipulihkan langsung dari lingkungan, kemungkinan masih ada lagi bakteri baru yang belum teridentifikasi.

Dengan demikian, upaya berkelanjutan untuk menangkap genom spesies baru dan perwakilan tingkat strain akan lebih meningkatkan resolusi, tulis para penulis.

“Kami mengantisipasi hal tersebut akan menjadi sumber daya yang berharga untuk penambangan data metabolik dan genom-sentris serta validasi eksperimental di masa depan,” tulis para peneliti.

Inventaris genom skala besar, menyediakan sumber daya penting bagi komunitas penelitian yang lebih luas karena detail genomik bakteri dapat digunakan dalam pengobatan, penelitian ilmiah umum, dan untuk menemukan protein baru.


Sumber: CNN Indonesia

Redaksi - SWARAKEPRI

Recent Posts

Halo Robotics Sukses Gelar Drone Talks @ The Mulia, Dorong Inovasi Keamanan dengan Otomasi & AI

Halo Robotics dengan bangga mengumumkan kesuksesan acara Drone Talks @ The Mulia yang diselenggarakan pada…

4 jam ago

Jelang Keputusan The Fed: Bitcoin Melonjak Hampir USD $60.000 Lagi

Harga Bitcoin kembali mengalami koreksi dan turun di bawah USD $60 ribu, menjelang keputusan suku bunga…

5 jam ago

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

6 jam ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

12 jam ago

Uji Kompetensi Bahasa Inggris, 32 Tim Peserta Ikuti Yos Sudarso Debating Championship 2024

BATAM - Yos Sudarso Debating Championship 2024 mulai digelar hari ini, Sabtu (21/09/2024). Kepala Sekolah…

13 jam ago

Gugatan HNSI Batam terhadap Kapal MT Arman 114 Diputus N.O

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam menjatuhkan putusan Niet Ontvankelijke Verklraad(N.O) atas gugatan Perbuatan…

13 jam ago

This website uses cookies.