Warga Pangkalan Baru Kampar kembali Galakkan Kerajinan Tikar Batik – SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Warga Pangkalan Baru Kampar kembali Galakkan Kerajinan Tikar Batik

KAMPAR, RIAU – swarakepri.com : Warga desa pangkalan baru, kabupaten Kampar, Riau melalui Tim penggerak PKK kembali menggalakkan kerajinan tangan menganyam tikar yg terbuat dari daun pandan atau umbai. Tikar batik ini sendiri merupakan kerajinan tradisional asli Melayu Riau yang sejak dulu menjadi tradisi kaum hawa di desa Pangkalan Baru.

Kepala Desa Pangkalan Baru, Muhammad Akbal menuturkan bahwa kesenian menganyam tikar umbai tersebut suda lama hilang diakibatkan globalisasi modren. Diperkirakan tradisi itu sudah sepuluh tahun terkubur dan hilang.

“Sejak zaman penjajahan Jepang tradisi ini telah ada, namun karena sudah ada perusahaan yang membuat tikar modren, tradisi ini mulai hilang.” ujarnya kepada swarakepri diruang kerjanya beberapa hari lalu.

Sementara itu Zaidun Amran, Ketua Lembaga Kesenian Tradisional Modern Provinsi Riau mengatakan bahwa kesenian tersebut akan kembali dipromosikan ke luar daerah agar dikenal dan mentradisi.

“Kerajinan ini nantinya tidak sekedar dijual di daerah Riau saja, namun akan kita kembangkan ke provinsi lain hingga luar negeri,” terangnya.

Dikatakannya bahwa tikar tradisional tersebut akan dibuat dengan motif dan corak yang berbeda. Diantaranya tikar pandan bercorak batik ciri khas Riau, seperti batik pucuk rebung.

“Kerajinan tangan menganyam tikar ini juga kita buat dengan banyak jenis, seperti taplak meja,alas tempat tidur dan gorden. Saya yakin akan banyak peminatnya,” ujarnya.

Untuk harga satu buah tikar menurut Zaidun tergantung ukuran dan tingkat kerumitan mengerjakan. Namun demikian, untuk promosi awal mereka akan memberikan bonus khusus.

“Harga satu tikar mencapai dua ratus ribu hingga lima juta per unit,” tandasnya.(kelana)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top