Laporan mengenai perilaku konsumen dan tren e-commerce di Tiongkok, Jepang, Korea, dan pasar lainnya
Jakarta – 2 Oktober 2024 – AnyMind Group [TSE: 5027] hari ini merilis laporan “The East Asia E-commerce Landscape 2024”, yang menyatukan para ahli e-commerce AnyMind dari Jepang, Korea Selatan, Tiongkok Daratan, Hong Kong, Taiwan, dan pasar e-commerce lokal lainnya di Asia Timur untuk memberikan analisis mendalam mengenai tren perilaku konsumen dan perkembangan e-commerce di pasar Asia Timur, dan untuk membantu merek dan perusahaan yang ingin menyeberangi perbatasan ke Asia Timur untuk lebih memahami infrastruktur pasar lokal dan preferensi konsumen, dalam rangka merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis mereka. Laporan ini juga merupakan lanjutan seri dari “The Southeast Asian E-Commerce Landscape 2024” yang telah diterbitkan pada bulan Juni lalu.
Asia Timur menunjukkan potensi e-commerce yang luar biasa di Asia. Dengan Tiongkok, Jepang, dan Korea yang menyumbang 87% dari total penjualan e-commerce di kawasan ini dan 40% dari penjualan e-commerce global pada tahun 2023, serta perkiraan ukuran pasar sebesar US$4,20 triliun pada tahun 2024, pasar e-commerce Asia Timur memiliki momentum untuk berkembang dan menjadikannya pilihan populer bagi berbagai merek untuk melakukan cross-border commerce. Laporan ini juga akan mengungkapkan wawasan lebih lanjut mengenai perilaku konsumen dan tren e-commerce di pasar Asia Timur.
Perbedaan Perilaku Konsumen Mempengaruhi Keputusan Berbelanja
Dibandingkan dengan Asia Tenggara, perilaku konsumen sangat bervariasi di seluruh pasar di Asia Timur, yang mengarah pada promosi e-commerce yang berbeda untuk mendorong pembelian konsumen:
Di Tiongkok Daratan, karena lingkungan pasar e-commerce yang sangat kompetitif, konsumen terbiasa dengan perbandingan harga dan sensitif terhadap harga, menjadikan kekuatan diskon dari brand sebagai kekuatan pendorong dalam menarik konsumen Tiongkok untuk melakukan pemesanan dengan segera.
Konsumen Jepang senang mengumpulkan poin, dan fakta bahwa mereka dapat mengumpulkan poin adalah insentif besar untuk pembelian. Sebagai contoh, Rakuten Group di Jepang telah membentuk “Ekosistem Rakuten” dengan tingkat loyalitas konsumen yang tinggi melalui sistem di mana poin dapat diakumulasikan pada kartu kredit, saham, pembelian, dan sekuritas.
Pasar e-commerce di Korea Selatan didominasi oleh platform e-commerce lokal. Konsumen memiliki kesetiaan yang kuat terhadap platform e-commerce tepercaya mereka dan lebih memilih untuk berbelanja di platform e-commerce lokal terkenal yang menawarkan layanan lokal yang lengkap.
Konsumen di Taiwan sangat menyukai “gratis ongkos kirim” dan bahkan rela membeli lebih banyak barang untuk mencapai ambang batas gratis ongkos kirim. Selain itu, konsumen Taiwan juga dipengaruhi oleh media sosial, lebih memilih presentasi yang lebih grafis dengan deskripsi teks yang lebih sedikit.
Kenyamanan adalah raja di Hong Kong, di mana pembayaran digital seperti PayMe, FPS, dan Alipay semakin populer, dan konsumen beralih ke preferensi konsumen yang lebih mengutamakan mobile, yang mengharapkan pengalaman belanja online dan offline yang tersinkronisasi.
Semua saluran dan social commerce menjadi fokus pengembangan.
Teknologi e-commerce bervariasi sesuai dengan tahap perkembangan masing-masing pasar, tetapi secara umum, omni-channel, mobile-first, dan social commerce menjadi fokus utama:
Latar belakang ritel memengaruhi preferensi platform: Untuk pasar seperti Jepang dan Taiwan, di mana ritel fisik menjadi andalan, merek merencanakan e-commerce mereka dalam bentuk “situs belanja merek resmi dan platform e-commerce”, dan pada saat yang sama lebih memperhatikan pengalaman konsumen di seluruh saluran; sebaliknya, Tiongkok Daratan, di mana perkembangan e-commerce sangat matang, tidak memiliki budaya membangun “situs belanja resmi”, dan akan langsung membangun toko merek di platform e-commerce populer, dan bahkan lebih terbiasa berbelanja di perangkat seluler seperti ponsel. Tiongkok Daratan, di sisi lain, memiliki perkembangan e-commerce yang sangat matang.
Potensi untuk Bisnis Sosial: Tren social commerce telah menyebar ke seluruh Asia, terutama di Tiongkok Daratan, di mana social commerce adalah yang paling berkembang, memungkinkan konsumen untuk berbelanja di platform sosial tanpa keluar dari halaman dan dengan dukungan teknis penuh. Di Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan pasar lainnya, social commerce terutama didasarkan pada pemasaran Netflix, sementara juga mencoba berbagai aplikasi social commerce yang berbeda, masa depan penuh dengan potensi pengembangan.
Mengenai laporan tersebut, Akinori Kubo, Managing Director, Global E-Commerce, AnyMind Group, mengatakan, “Pasar Asia Timur dan Asia Tenggara memiliki potensi e-commerce yang signifikan, sehingga menjadikannya sebagai pasar yang dipilih oleh merek-merek untuk melakukan cross-border commerce. Dengan latar belakang e-commerce dan preferensi konsumen yang berbeda di setiap pasar, model BPaaS kami memungkinkan merek untuk memanfaatkan 23 tim operasi di lokasi dan platform data e-commerce kami yang berdedikasi di Asia untuk memahami kebutuhan pasar yang berbeda dan berekspansi melintasi batas dengan mudah, sehingga memenuhi misi perusahaan kami untuk ‘make every business borderless’.”
About AnyMind Group
Tentang AnyMind Group
Didirikan April 2016, AnyMind Group [TSE:5027] adalah sebuah perusahaan BPaaS untuk marketing, e-commerce, dan transformasi digital dengan visi “make it exciting for everyone to do business”. Perusahaan menyediakan dua kategori produk bagi klien-klien produsen dan korporasi, publisher dan influencer: Brand Commerce dan Partner Growth. Brand Commerce menyediakan kepada klien-klien korporasi, yaitu platform untuk manufaktur, pemberdayaan e-commerce, pemasaran dan logistik, sementara Partner Growth menyediakan kepada publisher web dan aplikasi seluler serta influencer dan content creator, yaitu platform untuk monetisasi dan optimalisasi. Klien-klien Partner Growth juga dapat memanfaatkan produk perusahaan kategori Brand Commerce. AnyMind Group memiliki lebih dari 1.600 staf di 22 kantor yang berada di 15 negara, termasuk Singapura, Thailand, Indonesia, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok Daratan, Jepang, India, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan.
Tentang BPaaS
Business-Process-as-a-Service (BPaaS) adalah bisnis model yang menggabungkan dan menciptakan lapisan nilai tambahan di atas Software-as-a-Service atau SaaS (berpusat pada perangkat lunak) dan Business Process Outsourcing atau BPO (berpusat pada operasi), dengan memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih besar ke seluruh siklus hidup proses bisnis. Melalui BPaaS, perusahaan dapat memanfaatkan manajemen siklus hidup proses end-to-end yang gesit dan adaptif melalui kombinasi tim teknologi dan operasi yang memanfaatkan praktik terbaik lokal dan regional, untuk merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, mengoptimalkan, dan mengotomatisasi proses bisnis.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES
Aktor kenamaan Tanah Air, Wafda Saifan, ajak istri dan anak pergi melaksanakan ibadah umrah ke…
BATAM - Masih dalam semarak Hari Bakti ke-53 Tahun, Pertandingan Badminton Antar Pegawai dan Mitra…
Lagi cari game yang relax tapi tetap seru? Luna Heroes bisa jadi pilihan! What's up,…
Harga emas (XAU/USD) pulih di level harga $2.630-an pada perdagangan Rabu (20/11), setelah sempat melemah…
Jakarta, 21 November 2024 – Dalam dunia pengawasan rumah, kebutuhan akan sistem yang praktis dan…
Tantri, aplikasi kasir (POS) dari PT Sasana Solusi Digital, meraih posisi Top 3 dalam kompetisi…
This website uses cookies.