Categories: REGIONAL

Koalisi Internasional Desak Jollibee Foods Corporation Terapkan Komitmen Bebas Kandang Baterai

YOGYAKARTA – Perusahaan restoran Asia terbesar dengan perkembangan paling pesat di dunia, Jollibee Group, yang menaungi Smashburger, Coffee Bean and Tea Leaf, Red Ribbon, Greenwich, Mang Inasal, dan Chowking, secara mengejutkan diperkirakan menggunakan 586.505.945 telur per tahun.

“Bermunculannya komitmen bebas kandang baterai dari berbagai perusahaan di Indonesia menunjukkan keseriusan para perusahaan dalam memberikan produk terbaik untuk para konsumen,” kata Dhiani Probhosiwi Manajer Kampanye Animal Friends Jogja, dalam press rilis mereka terkait kampanye global Open Wings Alliance (OWA).

“Coffee Bean and Tea Leaf, salah satu merek milik Jollibee Foods Corporation yang beroperasi di Indonesia, masih tertinggal dalam hal komitmen bebas kandang baterai. Sebagai perusahaan global, seharusnya Jollibee Foods Corporation bisa menunjukkan bahwa mereka pun mampu beradaptasi dengan trend global ini dengan meluncurkan komitmen bebas kandang baterainya.”

Perlakuan kejam terhadap ayam yang hidup dalam kandang baterai tidak dapat diterima, terutama saat ini masyarakat mulai menginginkan telur bebas kandang baterai karena alasan kesejahteraan hewan. Saat ini kesadaran masyarakat Indonesia akan isu ini sudah semakin meningkat, terbukti dengan semakin banyak bisnis di Indonesia yang berkomitmen untuk hanya memakai telur dari peternakan bebas kandang baterai.

Act For Farmed Animals (AFFA), koalisi organisasi perlindungan satwa Animal Friends Jogja (AFJ) dan organisasi internasional Sinergia Animal, bersama Open Wings Alliance (OWA), koalisi internasional yang bekerja untuk mengakhiri penderitaan ayam di seluruh dunia, meminta Jollibee Foods Corporation untuk membuat komitmen global penggunaan telur bebas kandang baterai, yang mencakup sub-brands-nya, yaitu Jollibee, Smashburger, Red Ribbon, Greenwich, Chowking, Mang Inasal, dan Coffee Bean and Tea Leaf.

Jollibee Foods Corporation merupakan perusahaan restoran dengan pertumbuhan paling pesat di dunia. Perusahaan ini beroperasi di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Dengan tidak adanya komitmen bebas kandang baterai yang dipublikasi, perusahaan ini patut diduga turut memberikan kontribusinya dalam pengurungan yang kejam terhadap jutaan ayam petelur di dalam kerangkeng sempit dan kotor.
Diperkirakan, Jollibee Foods Corporation menggunakan 586,505,945 telur per tahun untuk semua brand mereka, termasuk Coffee Bean and Tea Leaf. Karena Jollibee Foods Corporation dan sub-brands-nya terus saja mengambil keuntungan dari perlakuan kejam terhadap jutaan hewan, konsumen global kehilangan kepercayaan dalam praktik-praktik yang mereka lakukan.

“Jollibee Foods Corporation mengakui tugas dan potensinya untuk memberikan dampak positif terhadap masalah keberlanjutan di industri makanan cepat saji. Namun, hingga saat ini Jollibee tidak mampu menunjukkan komitmen bebas kandang baterai dan patut diduga sumber telur yang dipakai dalam produk-produknya memiliki kondisi yang mengerikan dan tidak manusiawi,” kata Caitlin Campbell, Koordinator Kampanye Global Open Wing Alliance.

“Mendorong Jollibee untuk kemajuan telur bebas kandang baterai di Asia dan global merupakan langkah penting untuk menciptakan sistem pangan yang berkelanjutan dan etis, memastikan konsumen memiliki akses ke telur yang diproduksi secara manusiawi dan bertanggung jawab,” lanjutnya.

Hampir 70% ayam petelur di dunia berlokasi di Asia, tapi hanya 10.8% menggunakan sistem bebas kandang baterai. Open Wing Alliance telah melihat banyak sekali progres bebas kandang baterai di Amerika Serikat dan Eropa, tetapi Asia masih sangat tertinggal dalam hal kesejahteraan hewan.

Praktik mengurung ayam di kandang sempit masih dianggap hal biasa, padahal praktik ini mengakibatkan penderitaan bagi ayam, karena mereka tidak dapat melakukan perilaku alaminya, seperti merentangkan sayap atau bersarang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Open Wing Alliance, kunjungi OpenWingAlliance.org. Ikuti perkembangan gerakan bebas kandang baterai di Twitter @GlobalCageFree./AFJ

Redaksi - SWARAKEPRI

Recent Posts

Halo Robotics Sukses Gelar Drone Talks @ The Mulia, Dorong Inovasi Keamanan dengan Otomasi & AI

Halo Robotics dengan bangga mengumumkan kesuksesan acara Drone Talks @ The Mulia yang diselenggarakan pada…

4 jam ago

Jelang Keputusan The Fed: Bitcoin Melonjak Hampir USD $60.000 Lagi

Harga Bitcoin kembali mengalami koreksi dan turun di bawah USD $60 ribu, menjelang keputusan suku bunga…

5 jam ago

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

6 jam ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

13 jam ago

Uji Kompetensi Bahasa Inggris, 32 Tim Peserta Ikuti Yos Sudarso Debating Championship 2024

BATAM - Yos Sudarso Debating Championship 2024 mulai digelar hari ini, Sabtu (21/09/2024). Kepala Sekolah…

13 jam ago

Gugatan HNSI Batam terhadap Kapal MT Arman 114 Diputus N.O

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam menjatuhkan putusan Niet Ontvankelijke Verklraad(N.O) atas gugatan Perbuatan…

13 jam ago

This website uses cookies.