Categories: KEPRI

Para Kadep dan ASN RSAL dr. MDTS Ikuti Acara Puncak HUT Korpri Ke-50

KEPRI – “Terima kasih untuk setengah abad pelayanan kepada bangsa. Tetaplah menjadi abdi negara yang tangguh, profesional dan inovatif untuk Indonesia maju”, itulah sepenggal kalimat dari Presiden RI Ir. Joko Widodo, saat memberikan sambutan di acara puncak momentum ulang tahun emas ke-50 Korpri tahun 2021 secara virtual yang diadakan secara terpusat di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DKI Jakarta, hari Senin (29/11/2021).

Dalam acara puncak peringatan HUT ke-50 Korpri tahun 2021 tersebut, segenap para Kadep dan ASN Rumkital dr. Midiyato Suratani mengikutinya secara virtual dari Gedung Serba Guna (GSG) Pulau Serasan Rumkital setempat, dengan menggunakan seragam kebesaran TNI AL berupa PDU I bagi Militer dan seragam Korpri bagi PNS/ASN.

Acara yang dimulai dengan pemutaran testimoni HUT Korpri, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian menyanyikan lagu Mars Korpri, pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia, laporan Ketua Panitia Pusat, pembacaan doa dengan lintas agama dimulai dari agama Konghucu, Budha, Hindu, Katholik, Kristen dan Islam.

Ketua Umum DP Korpri Nasional Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH.,MH dalam sambutannya menyampaikan, “Personel ASN agar terus bersatu dalam menjalankan tugas negara. Progres dan tugas kedepan dalam mengemban amanah sebagai Ketua Umum DP Korpri Nasional, akan meningkatkan kesejahteraan ASN dan pensiunan, selain itu menyampaikan tentang motif seragam Korpri terbaru yang diharapkan sudah bisa digunakan pada tahun 2022″.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengapresiasi dharma bakti pengabdian dan kerja keras Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan. Menurutnya, pengabdian yang diberikan setiap anggota Korpri kepada bangsa dan negara tidaklah boleh berhenti. Ekspektasi masyarakat semakin tinggi dan tantangan perubahan semakin kompleks. Untuk menghadapi semua tantangan tersebut, Korpri harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani, menjadi abdi masyarakat, menjadi abdi negara.

Selain itu, anggota Korpri harus terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien. Terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memberi solusi dengan cepat dan jitu sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarkat. Setiap anggota Korpri harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi, yakni mulai dari memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, menyederhanakan organisasi sehingga bergerak lebih lincah dan meninggalkan sekat-sekat egosektoral, serta membuat prosedur yang rumit menjadi simple dan membuat yang lambat menjadi cepat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala negara juga menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi pedoman anggota Korpri. Pertama, setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan, harus memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Pegang teguh core values aparatur sipil negara. berorientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif,” kata Presiden Jokowi.

Kedua, ia meminta anggota Korpri melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, yakni mengubah cara pikir, cara bekerja dan menghindari ketidakefisienan, kerumitan, hanya masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor saja. Setiap dinas, kementerian, maupun lembaga agar berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi, terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Ketiga, Kepala negara meminta anggota Korpri membangun dan perkokoh integritas aparatur, menciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel serta mengingatkan anggota Korpri tidak melakukan pungutan liar atau pungli dan memberatkan masyarakat.

Poin keempat, anggota Korpri diminta untuk memperkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga NKRI, Pancasila, konstitusi dan Bhinneka Tunggal Ika. Meminta kepada anggota Korpri agar dapat menjalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi menyampaikan “Kepada seluruh anggota Korpri di manapun berada, terutama yang sedang bertugas di perbatasan, di tempat-tempat terpencil, di pulau-pulau terluar Indonesia, menyampaikan selamat ulang tahun Korpri yang ke-50 tahun. Terima kasih untuk setengah abad pelayanan kepada bangsa. Tetaplah menjadi abdi negara yang tangguh, profesional dan inovatif untuk Indonesia maju”.

Usai mengikuti acara virtual puncak peringatan HUT Korpri ke 50 tahun, Kadep Kitlam Kolonel Laut (K) dr. Arif Supono, Sp.B.,Onk (K) mewakili Karumkit Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, SpB.,FiCS.,FinaCS dengan disaksikan oleh para Kadep, Komandan Satuan Markas dan ASN di Lingkup RSAL dr. Midiyato Suratani melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun sebagai rasa tanda syukur dan diberikan kepada Penata TK I III/d Wiwit M sebagai ASN tertua yang akan purna tugas dan Pembina Muda IV/a drg. Nurani Alimah selaku Ketua Korpri RSAL setempat. Seluruh rangkaian kegiatan selesai ditandai dengan foto bersama, diakhiri ramah tamah, dengan tetap dapat menerapkan protokol kesehatan./MJA/HBG/Pen RSAL dr. MDTS

Redaksi

Recent Posts

PT Dua Samudera Perkasa Sukses Selenggarakan Diklat Mooring Unmooring dengan Port Academy

PT Dua Samudera Perkasa dengan bangga menggelar Diklat Mooring Unmooring bersertifikasi BNSP bekerja sama dengan…

2 jam ago

Maxy Academy Hadirkan Pelatihan “Digital Marketing 101” untuk Persiapkan Ahli Pemasaran Digital Masa Depan

Maxy Academy mengumumkan pelatihan terbaru bertajuk "Digital Marketing 101: Sosial Media Marketing (Daring)", yang dirancang…

3 jam ago

Halo Robotics Sukses Gelar Drone Talks @ The Mulia, Dorong Inovasi Keamanan dengan Otomasi & AI

Halo Robotics dengan bangga mengumumkan kesuksesan acara Drone Talks @ The Mulia yang diselenggarakan pada…

7 jam ago

Jelang Keputusan The Fed: Bitcoin Melonjak Hampir USD $60.000 Lagi

Harga Bitcoin kembali mengalami koreksi dan turun di bawah USD $60 ribu, menjelang keputusan suku bunga…

9 jam ago

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

9 jam ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

16 jam ago

This website uses cookies.