Categories: BATAM

Sempat Jadi Buron Kasus Pencurian, Polisi Amankan Oknum Advokat Batam

BATAM – Jajaran Ditreskrimum Polda Kepri berhasil mengamankan seorang oknum advokat (Pengacara) senior di Batam bernama Ahmad Rustam Ritonga (ARR) yang sebelumnya ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron pada tanggal 31 Juli 2024 lalu selaku tersangka kasus pencurian uang perusahaan PT Active Marine Industries (AMI) sebanyak Rp9 miliar.

Hal ini dibenarkan oleh Dirkrimum Polda Kepri, Kombes Pol Donny Alexander ketika dikonfirmasi SwaraKepri, Selasa 20 Agustus 2024.

“Iya, benar,” kata dia menjawab konfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Informasi yang dihimpun dilapangan, Pihak kepolisian Polda Kepri berhasil mengamankan oknum pengacara ini di sebuah daerah di Jakarta. Namun, perihal pertanyaan ini ditanyakan oleh SwaraKepri kepada Donny Alexander masih belum mendapat tanggapan secara resmi.

Berita sebelumnya, kilas balik, dari data dan berita yang pernah ditulis oleh SwaraKepri. Komisaris PT AMI, Liem Siew Lan (Kakak mendiang Lim Siang Huat/Direktur PT AMI) selaku korban melayangkan Laporan Polisi terhadap dua orang yang diduga terlibat dalam pencurian ini.

Adapun para tersangka yakni, Roliati diketahui admin PT AMI yang juga sebagai pemegang saham di perusahaan dan Kuasa Hukum PT AMI, Ahmad Rustam Ritonga.

Dugaan tindak pidana pencurian ini terjadi usai Lim Siang Huat meninggal diduga akibat Covid-19 pada 5 Februari 2021. Roliati yang posisinya sebagai admin perusahaan mentransfer sejumlah dana atau uang pembayaran fee Kuasa Hukum kepada Ahmad Rustam Ritonga atas voucher payment PT AMI sebesar Rp. 9 miliar dari rekening Maybank (Lim Siew Lan) menggunakan aplikasi M2U.

Terhadap tersangka Roliati, kasusnya telah usai diputus sebagai terdakwa di meja hijau Pengadilan Negeri Batam pada Rabu 10 Juni 2024 dengan hukuman 1 tahun kurungan pidana penjara tidak harus dijalani dengan masa percobaan 2 tahun.

Putusan ini jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Batam, Samuel Pangaribuan yang menuntut terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama 5 tahun sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Terhadap putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam, Penasehat Hukum Roliati, Sahat Hutauruk kepada SwaraKepri mengungkap bahwa pihaknya telah melakukan banding. Banding ini dilakukan sebagai upaya hukum pihaknya terhadap terdakwa yang dinilai seharusnya divonis bebas berdasarkan fakta-fakta persidangan.

“Saat ini (putusan) masing banding. Menurut kami, klien kami seharusnya bebas berdasarkan fakta-fakta persidangan. Kita tunggu saja nanti hasilnya (banding),” kata Sahat ketika bertemu SwaraKepri di Pengadilan Negeri Batam, Rabu 31 Juli 2024.

Bahkan, jauh sebelum perkara Roliati ini bergulir di meja hijau. Roliati pada tanggal 9 November 2023 lalu pernah mengajukan Praperadilan terhadap sah atau tidaknya penetapan tersangka atas dirinya.

Page: 1 2

Redaksi - SWARAKEPRI

Recent Posts

Jelang Keputusan The Fed: Bitcoin Melonjak Hampir USD $60.000 Lagi

Harga Bitcoin kembali mengalami koreksi dan turun di bawah USD $60 ribu, menjelang keputusan suku bunga…

2 menit ago

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

52 menit ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

7 jam ago

Uji Kompetensi Bahasa Inggris, 32 Tim Peserta Ikuti Yos Sudarso Debating Championship 2024

BATAM - Yos Sudarso Debating Championship 2024 mulai digelar hari ini, Sabtu (21/09/2024). Kepala Sekolah…

8 jam ago

Gugatan HNSI Batam terhadap Kapal MT Arman 114 Diputus N.O

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam menjatuhkan putusan Niet Ontvankelijke Verklraad(N.O) atas gugatan Perbuatan…

8 jam ago

Inovasi Pengembangan Infrastruktur, BP Batam Dianugerahi Awarding tvOne

BATAM - Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) mendapatkan Penghargaan Inovasi Pengembangan Infrastruktur dalam Malam Penganugerahan…

8 jam ago

This website uses cookies.