56.000 Warga Miskin di Batam Belum Terjangkau BPJS | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

56.000 Warga Miskin di Batam Belum Terjangkau BPJS

BATAM – swarakepri.com : Sebanyak 56.000 dari 104.000 warga miskin di kota Batam belum menikmati layanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial(BPJS) Kesehatan yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah Kota Batam.

Hal ini dikatakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho kepada wartawan, Selasa(8/12/2015) siang.

“Untuk saat ini, warga miskin yang sudah didaftar Pemko Batam sebanyak 48.000, sedangkan 56.000 warga miskin lainnya dapat BPJS,” kata Udin.

Menurutnya Pemko Batam harus segera merealisasikan bantuan kartu sehat bagi puluhan ribu warga miskin yang belum mendapatkan layanan BPJS karena sudah dianggarkan.

Selain itu, Udin juga menyoroti soal adanya kenaikkan tarif pelayanan BPJS yang saat ini terus bergulir. Dari hasil temuan di salah satu rumah sakit yang ada, disinyalir terjadi kongkalingkong oleh para oknum terkait kenaikan tarif tersebut.

“Dari temuan dilapangan, beberapa kenaikan pelayanan di rumah sakit seperti pada pelayanan untuk Tipe B ke Tipe C dan sebaliknya biasanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Batam atau Provinsi Kepri. Tipe pelayanan bisa naik oleh oknum yang melakukan kongkalikong,”jelasnya.

Udin juga mengungkapkan pernah menemukan pasien kurang mampu yang harus membayarkan deposit untuk mendapatkan pelayanan di salah satu rumah sakit yang ada, dan menurutnya ini sudah tidak benar.

“Kalau pasien dipaksa harus bayar deposit Rp 20 juta oleh pihak rumah sakit, jelas jelas itu membunuh orang yang tidak mampu,”pungkasnya. (red/Koko AMOK)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top