Ini Tanda-tanda Seseorang Kelebihan Kafein | SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Ini Tanda-tanda Seseorang Kelebihan Kafein

foto : Istimewa

JAKARTA – Kalangan pemerhati telah lama mengetahui bahwa kafein dapat meningkatkan kemampuan mental dan performa sepanjang hari. Sayangnya, jika terlalu banyak asupan kafein juga memiliki dampak negatif terhadap mood, energi, dan bahkan kesehatan. Seperti dinukil dari laman Times of India, berikut sejumlah tanda bahwa seseorang mengelami kelebihan kafein.

Sulit tidur
Kafein butuh waktu sekitar 45 menit-1 jam setelah dikonsumsi untuk diserap tubuh. Setelah diserap, ia akan menetap dan memengaruhi tubuh sekitar beberapa jam, dan ini bisa merusak siklus tidur Anda. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein dan mencuri tidur adalah teh hijau atau teh Chai. Perlu diingat, kopi decaf bukan berarti tanpa kafein sama sekali, melainkan dikurangi sepertiga. Jadi, masih mengandung kafein.

Air seni berubah warna
Jika air seni Anda berwarna kuning gelap menuju jingga, ini adalah pertanda tubuh sedang mengalami dehidrasi. Kopi memiliki sifat diuretik yang bisa mengakibatkan dehidrasi dengan meningkatkan jumlah air seni yang dibuang. Umumnya kafein tidak memicu dehidrasi hingga Anda mengkonsumsi sekitar 500 mg, jadi, amannya, cukup konsumsi 1-2 cangkir kopi per hari saja.

Merasa gugup tanpa alasan
Telapak tangan berkeringat, jantung berdegup, tidak bisa diam, merasa bersemangat berlebihan, adalah tanda-tanda kelebihan kafein. Kafein bisa memperparah stres dan depresi, karena kafein memengaruhi zat neurotransmitter di dalam otak yang bernama adenosine.

Kelelahan di siang hari
Jika Anda tidak bisa melewati hari tanpa minum kopi setiap waktu adalah salah satu tanda Anda ketergantungan kafein.

 

 

1HEALTH.ID

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top