Iklan Disini 728 x 90
ADVERTORIAL

Kementerian PUPR Gelar Uji Kompetensi Pekerja Konstruksi di Batam

Panitia dan Peserta Uji Kompetensi Mandor dan Tukang Berfoto Bersama/FOTO : PM-PIK Batam

ADVERTORIAL

BATAM – Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang jasa konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) melaksanakan Kegiatan Uji Kompetensi yang difokuskan kepada para pekerja konstruksi, khususnya pada tingkatan mandor dan tukang, Rabu(30/11/2016) di Fasum Balai Pertemuan RT 05/RW 10 Villa Pesona Asri, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Dalam kegiatan uji kompetensi kali ini, Kementerian PUPR menggandeng Pemerintah Kota melalui Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PM-PIK) Kota Batam.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 orang orang peserta ini akan diuji kompetensinya sebagai Mandor dan Tukang. Adapaun para peserta ini juga merupakan perwakilan Kelompok Kerja Masyarakat (Pokajamas) yang akan melaksanakan Program PM-PIK dari Kelurahan Batu Besar, Belian, Kabil serta Baloi Permai.

Selain peserta dari Pokjamas PM-PIK, kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan Satker Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, PPK Jasa Konstruksi Provinsi Kepulauan Riau Wan Evrizal.S.Kom, MT, PPK Program PM-PIK Agung Fithrianto,ST.MT, serta Koordinator Kota Program PM-PIK Andi Muhammad Irvan.ST.

PPK Jasa Konstruksi Provinsi Kepri, Wan Evrizal.S.Kom,MT mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan khusus atau keahlian kepada beberapa tenaga kerja pekerjaan keteknikan sebagaimana tertuang pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, dimana dalam pasal 9 menyebutkan bahwa Tenaga Kerja yang melaksanakan pekerjaan keteknikan pada pelaksanaan Konstruksi harus memiliki Sertifikat keterampilan atau keahlian kerja baik melalui pendidikan, pelatihan, pembekalan serta bimbingan teknis yang diakhiri dengan uji kompetensi.

Sementara itu PPK Program PM-PIK Kota Batam, Agung Fithrianto ST,MT mengatakan melalui kegiatan uji kompetensi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada tenaga jasa konstruksi ini serta menjadi barometer keahlian yang dimiliki masing-masing peserta. Diharapkan juga, peserta yang diuji ini akan memberikan manfaat bagi kelompok masyarakat di lingkungannya.

Agung juga berharap agar ditahun-tahun berikutnya, kegiatan ini dapat dilakukan kembali dengan cakupan yang lebih luas di skala kota hingga menjangkau ke pekerja jasa konstruksi di kawasan hinterland.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pengarahan singkat oleh trainer kepada peserta dan diteruskan dengan ujian lapangan. Bagi peserta, kegiatan ini memberikan hasil posistif agar lebih professional dan lebih terukur, karena selain diberi penguatan kapasitas pengetahuannya, peserta juga diberikan sertifikat Keahlian sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

Dengan adanya kolaborasi uji kompetensi dikaitkan dengan program PM-PIK ini, secara umum selain masyarakat mendapatkan infrastruktur di lingkungannya, secara khusus dapat dimunculkan kader-kader jasa konstruksi yang terampil di tingkatan masyarakat yang berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan. ***

 

 

sambutan-ppk-bina-jasa-konstruksi-bpk-wan-evrizal-s-kom-mt

PPK Bina Jasa Konstruksi Kepri, Wan Evrizal memberikan sambutan

 

 

 

sambutan-dari-ppk-program-pm-pik-bpk-agung-fithrianto-st-mt

PPK Program PM-PIK Kota Batam, Agung Fithrianto memberikan sambutan

 

 

tes-keahlian-oleh-tim-panitia

Para peserta mengikuti tes keahlian

 

 

 

tes-kompetensi

Para peserta mengikuti tes kompetensi

 

 

foto-bersama-peserta-dengan-panitia

Foto bersama para peserta uji dengan panitia

 

 

KOMENTAR FACEBOOK
Iklan Disini 728 x 90
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top