Kombes Hero : MT Urban Succes 6 Kali Selundupkan BBM ke Singapura | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Kombes Hero : MT Urban Succes 6 Kali Selundupkan BBM ke Singapura

Kombes Pol Heru Hardianto/rudi

BATAM – swarakepri.com : Direktur Polair Polda Kepri Kombes Pol Hero Hendrianto mengungkapkan kapal tanker berbenda Malaysia MT Urban Succes GT 740 telah menyelundupkan Bahan Bakar Minyak(BBM) hasil kejahatan dari Insonesia ke Singapura sejak tahun 2014.

“Ini hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap 7 anak buah kapal (ABK) MT Urban Success dan YS sang nakhoda kapal,” ujar Hero, Senin(28/4/2015) di Mako Polair Polda Kepri Sekupang Batam.

Dikatakannya kapal tanker tersebut mengangkut 800 ton BBM yang mudah meledak dan terbakar premium, naphta, laibruk oil dan marine fuel oil.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk melakukan pemindaian BBM yang diangkut oleh kapal tersebut,” jelasnya.

Hero juga mengatakan dari hasil pemeriksaan lanjutan belum ada ditemukan oknum aparat membekingi atau pun terlibat dalam pengawalan dalam pemyelundupan BBM tersebut.

“Masih kita lakukan pemgembangan dan juga melakukan penangkapan terhadap kapal-kapal kecil yang menjual ke kapal tanker Urban success ini. Hingga saat ini belum ada aparat yang membekingi atau mengawal kapal tersebut,” jelasnya.

Informasi yang diperoleh empat jenis BBM tersebut dipasok dari kapal-kapal pelansir di daerah Jawa dan Sumatera Selatan. Saat ini pihak Polair Polda Kepri telah menurunkan beberapa personilnya untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap kapal-kapal pelansir tersebut.

Kapal tanker Urban Succes GT 740 tersebut diketahui milik PT New Regal Marine asal Singapura yang disewakan salah seorang warga Singapura berinisial MN seharga Rp 5-6 miliar.

“Saat ini kapal masih tetap berlabuh disekitar perairan Sekupang agar mudah dilakukan penyelidikan,” ujarnya.(red/id)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top