Pemko Batam Gelar Bimtek Verifikasi dan Validasi Data PMKS | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Pemko Batam Gelar Bimtek Verifikasi dan Validasi Data PMKS

Bimbingan teknis verifikasi dan validasi data PMKS di Hotel Horison Utima King's Batam (Foto : Tatang Hidayat)

BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat menggelar kegiatan bimbingan teknis verifikasi dan validasi data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial(PMKS) di Hotel Horison Utima King’s Batam selama dua hari.

Acara ini diresmikan dan dibuka oleh Sekretaris Daerah(Sekda) Kota Batam Jefridin dan di hadiri ratusan peserta pelatihan yang nantinya ditunjuk sebagai petugas pelaksana dan petugas pencacah.

Dalam sambutannta, Jefridin mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan dalam melakukan pendataan yang ada di Kota Batam agar perencanaan kebijakan tepat sasaran.

“Kegiatan ini adalah untuk menvalidasi, istilahnya betul betul akurat dan nyata(pendataan), sehingga nantinya pak Wali Kota tidak salah dalam memunculkan suatu kebijakan dan tidak salah sasaran. Dan yang tahu persis adalah bapak ibu yang ada di kelurahan,” ujarnya, Kamis(30/3).

Ia mengatakan, masalah sosial meupakan bagian penting yang harus diperhatikan dan menjadi tanggung jawab pemerintah kota Batam.

“APBD kita tahun 2017 sedikit, hanya Rp 2,55 triliun, ini lah dibagi-bagi untuk pelaksanaan pembangunan kota batam, sementara usulan berdasarkan Musrenbang kita butuh anggaran pertahun itu Rp 6 sampai Rp 7 triliun, namun pak Wali Kota dan dan pak Wakil Walikota sepakat pembangunan tidak hanya mempioritaskan terhadap masalah infrastruktur tetapi juga masalah masalah sosial,” terangnya.

Sementara itu narasumber dari Kementerian Soal, Bambang Kido Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan data terpadu dan masuk dalam program pemerintah.

“Data PMKS nanti akan di format ke data terpadu dan nantinya akan masuk dalam program pemerintah, baik program perlindungan sosial, program raskin, jamkesmas, BLT, dan lain- lain,” ucapnya.

Dikatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui dan mengumpulkan data rinci rumah tangga dan individu yang dikategorikan miskin dan kurang mampu sesuai kondisi terkini dari tiap-tiap Kelurahan yang ada di kota Batam.

 
Penulis : Tatang Hidayat

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Amsakar Instruksikan Seluruh Camat Selesaikan Verifikasi dan Validasi BDT | SWARAKEPRI.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 2 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top