Saling Klaim, Kios Eks Pasar Meral Gagal Dibongkar | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Saling Klaim, Kios Eks Pasar Meral Gagal Dibongkar

Romesko Purba, pihak PT CBP saat diwawancarai awak media pada saat eksekusi pembongkaran eks kios pasar lama Meral, Kamis (6/12/2018) di Tanjung Balai Karimun. (Foto/Hasian Sinaga)

Karimun – Pembongkaran eks kios Pasar Meral lama yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Sungai Pasir Kecamtan Meral, Tanjung Balai Karimun ditunda, Kamis (6/12/2018). Penundaan itu, dilakukan Kepolisian setempat karena belum ada titik temu dan untuk mengantisiapasi terjadinya kericuhan antar kedua belah pihak yang saling mengklaim kepemilikan bangunan dan lahan.

Romesko Purba, Perwakilan PT Cakrawala Bintan Perkasa (CBP) mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan adanya penundaan pembongkaran kios diatas lahan eks pasar Meral yang diklaim sebagai milik perusahaan berdasarkan surat sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) Nomor 4296126 Tahun 1979.

“Kepemilikannya berdasarkan SK Mendagri Nomor 593.24-278 tahun 1998 tentang “Pengesahan Tukar Menukar Tanah dan Bangunan Milik Perusda Tingkat II Kepri Dengan Tanah dan Bangunan Milik Pihak Ketiga” yaitu PT CBP,” ungkap Romesko.

Dikatakan, terbitnya sertifikat HGB atas tukar menukar lahan atau tukar guling dengan membangun pasar baru di pasar Bukit Tembak Meral termasuk fasilitasnya seperti, Puskesmas, Terminal dan ruko-ruko Pasar. Selain itu, akses jalan kepasar baru tersebut juga sudah diaspal. Sebagai gantinya, lahan seluas kirang lebih 1 Hektare yang kini sebagianya diklaim oleh Ahian.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga telah melakukan pengembalian batas dengan Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Kabupaten Karimun dan saat pengembalian batas dilakukan, Ahian juga hadir. Surat pengembalian batas dari BPN Karimun, sidah dikantongi pihak PT CBP sejak 3 bulan yang lalu.

“Tukar guling ini, kami membangun pasar di Bukit Tembak termasuk fasilitasnya” Puskesmas, Terminal, dan Pasar nya kami bangun termasuk jalannya kami aspal. Pengembalian batas dari BPN juga sudah kita lakukan,” paparnya.

Namun, setelah setahun terakhir, meskipun sudah beberapa kali dilakukan mediasi kedua belah pihak di BPN maupun Kantor Kelirahan dan Kecamatan, Ahian tetap ngotot jika lahan dan bangunan kios diatasmya, miliknya dan memiliki surat sertifikat kepemilikan sejak Tahun 1982.

Menanggapi dan karena pihak PT CBP merasa pemilik yang sah atas tukar guling pihak ketiga dan tidak menerima adanya klaim lahan dari Ahian, PT CBP juga telah melaporkan Ahian alias Jeni Law ke Polres Karimun atas penyerobotan lahan dan penggunaan tanah orang lain tanpa hak. Permohonan pembongkaran bangunan (Eks Kios) diatas lahan miliknya juga sudah diajukan.

“Kita sudah ajukan permohonan eksekusi pembongkaran lahan tapi tidak direspon. Kami juga sudah melaporkan dia (Ahian), namun juga tidak dirrspon. Laporan kami sudah hampir 2 Minggu, juga tidak ada tespon,” kesalya.

“Ketika kami ingin membongkar, Dia (Ahian_red), protes. Herannya lagi, ketika Ahian datang ke Polres, Polisi langsung merespon. Anehnya, ketika kami mau bongkar, Polisi datang dan langsung memasang garis Polisi (Police Line). Ada apa?. Kami nilai ini tidak fer dan terkesan tidak netral. Masa kita mau bongkar barang diatas lahan sendiri tidak boleh,”tanyanya.

Ditegaskan, Jika dalam tempo 2 Minggu kedepan, Ahian selaku pengklaim lahan tidak melakukan pengembalian batas, pihaknya akan melakukan pembongkaran paksa terhadap bangunan yang ada diatas lahan pemilik sah PT CBP. Melalui kuasa hukumnya, telah menyurati Polres Karimun.

“Jika tidak ada juga respon ataupun tindak lanjut dari Polres, maka akan kita buat laporan resmi ke Polda Kepri dengan tembusan Mabes Polri atau maupun ke Kompolnas RI,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada konfirmasi ke pihak Polsek Meral maupun Polres Karimun dan pihak Ahian selaku tertuding pengklaim lahan. Penundaan pembongkaran yang turut dihadiri Lurah dan Camat Meral itu, dikarenakan belum ada titik temu antara kedua belah pihak yang saling mengklaim. (Hasian)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top