13 Negara Ini Diklaim Bebas Corona – SWARAKEPRI.COM
DUNIA

13 Negara Ini Diklaim Bebas Corona

Foto: istimewa

JAKARTA – Virus corona telah mencapai 188 negara dan wilayah di seluruh dunia, menurut data dari Universitas John Hopkins. Tetapi beberapa negara mengatakan mereka belum mencatat satu pun kasus virus corona.

Beberapa wilayah mungkin tidak mengakui jika mereka mengalami wabah, sementara yang lain adalah negara pulau terpencil di mana lebih mudah untuk melindungi dari orang luar.

Berikut 13 negara yang bebas dari virus corona dilansir dari Insider.com :

1. Samoa

Negara kepulauan Polinesia, yang memiliki populasi sekitar 200.000 orang, mencatat nol kasus virus corona yang dikonfirmasi. Mereka menyatakan keadaan darurat dan menutup perbatasannya pada bulan Maret, termasuk melarang masuknya kapal.

Orang yang diizinkan masuk, dalam keadaan khusus harus mengikuti serangkaian peraturan, pemeriksaan kesehatan, dan aturan karantina.

2. Pulau Marshall

Negara di kawasan Samudera Pasifik itu berpenduduk hampir 60.000 orang dan belum melaporkan adanya kasus apapun.

3. Pulau Solomon

Negara itu, yang terdiri dari serangkaian pulau, mengumumkan pembatasan masuk di awal wabah global. Sekarang sedang mencari cara bagaimana bisa mendapatkan turis kembali tanpa membawa virus ke negara itu.

4. Vanuatu

Negara kepulauan Pasifik Selatan itu belum mencatat satu pun kasus virus korona. Mereka menyatakan keadaan darurat pada Maret yang akan berlangsung hingga akhir 2020. Pemerintah masih dalam tahap penahanan dari rencananya, yang berarti tujuannya adalah untuk “menghentikan virus masuk ke Vanuatu” dan “untuk mengisolasi setiap orang yang ditemukan di negara itu yang telah terinfeksi virus COVID-19 (untuk mencegah mereka menyebarkannya). kepada orang lain atau ke area lain di Vanuatu). “

5. Tuvalu

Negara kepulauan Polinesia yang berpenduduk hampir 12.000 orang itu tidak melaporkan adanya kasus virus corona.

6. Tonga

Negara Polinesia, yang terdiri dari serangkaian pulau, masih bebas dari virus corona di antara populasinya yang lebih dari 100.000 orang. Sejak Maret, Tonga telah mengkarantina orang, menerapkan jam malam, melarang kelompok besar dan melakukan kontak olahraga, dan mendesak jarak sosial jika virus telah memasuki negara itu. Mereka juga menutup perbatasannya untuk penerbangan dan kapal pesiar pada bulan Maret. Ada kasus yang dicurigai pada awal Maret, tetapi kemudian dikatakan orang itu tidak memiliki virus corona.

7. Kiribati

Negara Kepulauan Pasifik telah mencatat nol kasus di antara populasinya yang lebih dari 110.000. Orang-orang yang datang dari negara-negara dengan penularan virus lokal yang sedang berlangsung harus menghabiskan “setidaknya 14 hari di negara yang bebas virus sebelum melakukan perjalanan ke Kiribati, dan untuk memberikan izin medis untuk memastikan bahwa mereka bebas virus.”

8. Turkmenistan

Negara itu belum melaporkan kasus virus corona, tetapi para ahli mengatakan klaim salah satu negara paling tertutup dan represif di dunia tidak dapat dipercaya. Negara tersebut telah membuat klaim kesehatan seperti mengatakan tidak ada orang yang hidup dengan HIV / Aids, yang menurut para ahli tidak mungkin terjadi. Namun, negara tersebut membatasi perjalanan di awal wabah global, dan sudah menjadi salah satu negara yang paling sulit dimasuki, yang mungkin telah membantunya menghindari wabah.

9. Negara Federasi Mikronesia

Negara kepulauan Samudera Pasifik yang terdiri lebih dari 600 pulau ini belum mencatat adanya kasus apapun. Negara itu telah menutup perbatasannya, dan gugus tugas COVID-19 telah melakukan simulasi untuk melihat seberapa siapnya negara itu untuk wabah. Warga negara yang telah dipulangkan juga diwajibkan untuk melakukan karantina.

10. Nauru

Negara kepulauan Samudra Pasifik berpenduduk lebih dari 10.000 orang itu sejauh ini tidak ada kasus yang tercatat. Tetapi pemerintah telah menyatakan kekhawatiran yang terus menerus tentang meningkatnya jumlah kasus di sekitar wilayah Oceania, seperti di Australia dan Selandia Baru.

11. Palau

Negara Samudera Pasifik berpenduduk sekitar 18.000 orang itu belum melaporkan adanya kasus apapun. Kementerian kesehatannya telah mengeluarkan pedoman tentang bagaimana warga negara dapat melindungi diri mereka sendiri. Dikatakan pada bulan Maret: “Meskipun kami tidak ingin orang panik, kami perlu waspada dan berhati-hati, dan untuk mempraktikkan tindakan pencegahan yang disarankan saat ini, termasuk sering mencuci tangan, mempraktikkan etiket pernapasan, menjaga jarak sosial, dan mempersiapkan diri seolah-olah kami akan pergi dapatkan kasus pertama yang dikonfirmasi. ” Wisatawan ke negara itu juga harus dikarantina pada saat kedatangan.

12. Kepulauan Cook

Negara kepulauan Pasifik Selatan, yang memiliki pemerintahan sendiri tetapi berhubungan bebas dengan Selandia Baru, belum mencatat kasus virus apa pun. Itu menutup perbatasannya pada pertengahan Agustus setelah Selandia Baru melihat kebangkitan dalam beberapa kasus. Perdana Menteri Henry Puna berkata: “Kami mengambil langkah-langkah yang sangat serius untuk melindungi rakyat kami dan untuk mengendalikan serta menjauhkan penyakit mematikan ini dari pantai kami.” Awal pekan ini mantan perdana menterinya, Joseph WIlliams, dirawat di rumah sakit karena virus corona, tetapi dia berada di Selandia Baru.

13. Niue

Negara kepulauan Samudra Pasifik Selatan, yang juga memiliki hubungan dekat dengan Selandia Baru, juga melaporkan tidak ada kasus. Itu salah satu negara terkecil di dunia, dengan populasi kurang dari 2.000 orang.





Sumber: bisnis.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top