134 KK Masyarakat Sungai Raya Lingga Terima Bantuan Dana Desa – SWARAKEPRI.COM
Lingga

134 KK Masyarakat Sungai Raya Lingga Terima Bantuan Dana Desa

Foto: Ruslan Swarakepri.com

LINGGA – Sebanyak 134 Kepala Keluarga di Desa Sungai Raya, Singkep Barat, Lingga menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk periode April 2020. Setiap KK menerima BLT sebesar Rp600.000.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga, Dodi Sihendra mengatakan, BLT Dana Desa diberikan untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

“BLT dari dana desa diberikan kepada penerima sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan berturut-turut. Sehingga total yang akan diberikan selama tiga bulan berjumlah Rp1,8 juta,” kata Dodi pada Kamis (14/5/2020).

Sementara, Camat Singkep Barat, Febrizal Taufik menjelaskan, mekanisme pendataan penerima BLT dilakukan oleh Relawan Desa lawan covid-19. Kemudian pendataan terfokus dari RT, RW, dan Desa. Ketiga, hasil pendataan sasaran keluarga miskin dilakukan musyawarah Desa Khusus atau musyawarah insidentil dilaksanakan dengan agenda tunggal, yaitu validasi dan finalisasi data.

Selanjutnya, legalitas dokumen hasil pendataan ditandatangani oleh kepala Desa selanjutnya dokumen verifikasi dilaporkan kepada Bupati melalui Camat dan selanjutnya dapat dilaksanakan pembagian BLT.

“Untuk penyalurannya dilaksanakan oleh pemerintah desa dengan metode Cash less setiap Bulannya,” kata Febrizal.

Ia menegaskan, sasaran penerima BLT ini adalah yang paling utama tentunya untuk keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunan (BPNT), yang belum mendapatkan kartu prakerja, kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

“Per keluarga akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan hingga Juni. Penyauran BLT merupakan salah satu kebijakan yang ditempuh pemerintah dengan tujuan membantu  masyarakat yang terdampak selama Covid-19 masih berlangsung,” ujarnya.(red)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top