Gotong Royong, Modal Bangsa Tanggulangi Pandemi COVID-19 – SWARAKEPRI.COM
Voice Of America

Gotong Royong, Modal Bangsa Tanggulangi Pandemi COVID-19

Posko Gusdurian Peduli bersiap membagikan paket makanan untuk warga Isoman di Surabaya (foto courtesy: Gusdurian Surabaya).

Sejumlah komunitas masyarakat di Surabaya melakukan gerakan sosial gotong royong saling bantu, khususnya bagi masyarakat terdampak COVID-19. Selain warga yang terdampak secara ekonomi, bantuan juga menyasar warga yang terinfeksi COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

SURABAYA – Sejumlah komunitas di Jawa Timur melakukan aksi sosial membantu pemulihan ekonomi warga yang terdampak COVID-19. Salah satu gerakan gotong royong ini diinisiasi oleh Gusdurian Peduli-Saling Jaga Surabaya.

Bersama warga masyarakat, para relawan ini menggalang dan mendistribusikan bantuan berupa sembako, makan siap santap, vitamin, buah-buahan, hingga minuman herbal. Ratusan paket setiap harinya dikirim ke rumah-rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman), karena berstatus positif COVID-19.

Koordinator Gusdurian Jawa Timur, Yuska Harimurti, mengatakan aksi gotong royong ini merupakan bentuk peran serta masyarakat membantu pemerintah mempercepat penanganan COVID-19.

Paket bingkisan “Gusdurian Peduli” untuk warga Surabaya yang menjalani Isoman (foto courtesy: Gusdurian Surabaya).

Selama Juli 2021, lebih dari 5.000 paket telah dikirimkan ke warga yang menjalani isolasi mandiri, serta kepada petugas penggali kubur korban COVID-19. Yuska mengatakan, paket makanan, vitamin, serta aneka bahan kebutuhan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang bersedia isolasi mandiri untuk memutus mata rantai penularan.

“Kita bisa memberikan apresiasi kepada orang-orang yang secara sadar dan mau, melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan di satu sisi juga memberikan bantuan kepada mereka supaya tidak lagi terganggu dengan urusan makan dan lain-lain. Maka kemudian kita memutuskan, kita harus membantu memenuhi kebutuhan untuk warga yang menjalani isoman,” katanya.

Relawan menyiapkan paket makanan siap santap untuk warga Surabaya yang menjalani Isoman (courtesy: Gusdurian Surabaya).

Menurut Yuska, gerakan sosial Saling Jaga Surabaya ini merupakan nilai budaya bangsa Indonesia yang dimiliki sejak lama, karena mengajarkan kepada masyarakat untuk saling membantu satu sama lain, atau biasa disebut gotong royong. Pandemi ini kata Yuska, merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat untuk berperan aktif membantu pemerintah mengatasi dampak pandemi ini.

“Ketika semua orang itu sekarang berbicara, bahwa gotong royong itu adalah kunci, maka sekarang ini tiba saat yang tepat untuk bisa membuktikan itu, bahwa segala permasalahan yang ada sekarang itu harus diselesaikan secara gotong royong. Negara boleh mengambil kebijakan apa pun, tetapi sebagai warga negara juga bisa mengambil peran aktif di dalam mengambil peran-peran yang bisa membantu masyarakat sekitarnya. Contohnya tentang membantu (warga) isoman,” paparnya.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top