Pengobatan Kanker dengan “Rotating Gantry” Terkecil di Dunia Mulai Dilakukan di Yamagata University pada 2022 – SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Pengobatan Kanker dengan “Rotating Gantry” Terkecil di Dunia Mulai Dilakukan di Yamagata University pada 2022

SINGAPURA – Di tengah ketatnya persaingan di kalangan produsen alat berat elektris terkemuka, Toshiba menyediakan rotating gantry pertama di Jepang untuk pengobatan kanker dengan sinar ion bermuatan berat yang memakai teknologi superkonduktor kepada National Institutes for Quantum Science and Technology (QST) Hospital pada 2016.

Perangkat gantry adalah komponen silinder berbentuk donat yang menjadi area pengobatan pasien. Karena berputar 360 derajat, gantry mengeluarkan sinar yang akurat dari setiap sudut sehingga secara signifikan memperluas cakupan pengobatan.

Kini, East Japan Heavy Ion Center di Fakultas Kedokteran Yamagata University memiliki rotating gantry terkecil di dunia, bahkan lebih kecil dari rotating gantry milik QST Hospital berkat teknologi Toshiba.

Heavy ion therapy equipment with world’s smallest rotating

Pengobatan kanker yang utama terdiri atas tiga metode: pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi.

Masing-masing metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berbeda dari sinar X, sinar ion bermuatan berat dapat diatur agar menghasilkan puncak ionisasi* dan energi yang lebih besar pada tumor yang memiliki sel kanker.

Artinya, sinar ini dapat menghancurkan sel kanker sekaligus mengurangi kerusakan pada sel normal. Sinar X paling efektif saat berdekatan dengan permukaan tubuh, namun sinar ini melemah setelah menembus tubuh. Sebaliknya, sinar ion bermuatan berat dapat menyasar sel kanker dengan akurasi yang sangat tinggi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top