Pameran “agri-tech” Pertama di Singapura Tampilkan Solusi Ketahanan Pangan dalam Edisi Perdana – SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Pameran “agri-tech” Pertama di Singapura Tampilkan Solusi Ketahanan Pangan dalam Edisi Perdana

Pameran "agri-tech" Pertama di Singapura Tampilkan Solusi Ketahanan Pangan dalam Edisi Perdana

SINGAPURA – Pameran pertama di Singapura yang mendukung pelaku industri baru dan mapan di tingkat regional untuk meluncurkan, memamerkan, dan menguji inovasi serta solusinya, menjalani debut pada bulan ini.

Agri-Food Tech Expo Asia (AFTEA), pameran yang digelar Constellar bersama mitra internasional DLG (German Agricultural Society), dibuka pada 26 Oktober mendatang sebagai bagian dari pameran utama Singapore International Agri-Food Week. Lokasi pameran terletak di Aula A dan B Sands Expo and Convention Centre.

Menurut Bank Dunia, pertanian merupakan sektor utama di negara-negara Asia Tenggara, bahkan berkontribusi sekitar 11% terhadap produk domestik bruto ASEAN pada 2020.

Namun, lahan pertanian yang semakin langka, kemunduran akibat beragam tantangan dalam beberapa tahun terakhir, seperti perubahan iklim, gangguan rantai pasok, serta keterbatasan tenaga kerja di tengah pandemi Covid-19, berimbas besar terhadap produksi pertanian di wilayah ini.

“Kita semakin membutuhkan aksi dan keahlian kolektif guna mempercepat laju penggunaan teknologi dan inovasi di Asia Tenggara. Maka, kami ingin menjangkau komunitas teknologi pangan pertanian (agri-food tech) di wilayah ini. Hal tersebut sejalan dengan peran penting AFTEA dalam mendorong dan memfasilitasi kerja sama,” ujar Jean-François Quentin, Group Chief Executive Officer, Constellar.

Edisi perdana AFTEA melibatkan kegiatan berbagi pengalaman dan solusi teknologi demi mengatasi tantangan pertanian dan pasokan pangan. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas, efisiensi, dan hasil proses pertanian, serta panen dan kemandirian. Pengunjung AFTEA dapat menemui lebih dari 200 peserta pameran di lebih dari 15 negara, termasuk Kanada, Perancis, Jerman, Indonesia, Israel, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, dan Inggris.

AFTEA juga akan menggelar beberapa peluncuran solusi dan inovasi agri-tech tingkat global dan regional dalam segmen-segmen berikut:

Akuakultur: Sistem pakan dan produksi generasi baru dari Seatobag; pakan udang dan ikan dari bahan serangga oleh INSEACT; budi daya rumput laut lewat teknologi komunikasi seluler oleh Sea Green; solusi IoT untuk akuakultur terintegrasi dari Rynan Technologies.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top