KSOP Batam Lidik Bangkai Kapal X-Press Pearl Berbendera Singapura – SWARAKEPRI.COM
BATAM

KSOP Batam Lidik Bangkai Kapal X-Press Pearl Berbendera Singapura

bangkai kapal X-Press Pearl berbendera Singapura yang tengah bersandar di lokasi galangan kapal PT Nexus Engineering Indonesia, Kabil, Nongsa, Batam./Foto: Shafix

BATAM – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam mengaku tengah melakukan proses Wasmatlitrik (Pengawasan, Pengamatan, Penelitian atau Pemeriksaan) terhadap bangkai kapal X-Press Pearl berbendera Singapura yang tengah bersandar di lokasi galangan kapal PT Nexus Engineering Indonesia, Kabil, Nongsa, Batam.

“Terkait info yang di Nexus tersebut, hampir seluruh instansi sudah melakukan pemeriksaan terhadap kapal X-Press Pearl, KSOP juga sudah melakukan pemeriksaan dan sedang melakukan proses Wasmatlitrik atau penyelidikan,” kata Kasi Gakkum KSOP Khusus Batam, Rahmat Nasution kepada SwaraKepri pada Jumat 5 Mei 2023.

Sejak awal kedatangan kapal ini ke perairan Batam telah menjadi sorotan publik, yang mana dikhawatirkan akan membawa limbah pencemaran laut akibat insiden terbakarnya kapal tersebut di perairan Sri Langka pada Mei 2021 lalu.

Berdasarkan data dari MarineTraffic.com, kapal X-Press Pearl bertolak dari Pelabuhan Hazira, India pada tanggal 15 Mei 2021 dan dijadwalkan akan tiba Pelabuhan Kolombo pada lima hari berikutnya. Namun sebelum mencapai Pelabuhan Kolombo kapal X-Press Pearl yang dimiliki oleh Eos Ro Pte Ltd sebagai registered owner di Singapura itu terbakar naas di perairan Sri Langka.

Melansir dari The Associated Press, kapal berjenis Container Ship (Fully Cellular) ini tengah mengangkut 1.500 peti kemas, termasuk 81 peti kemas berkategori muatan B3.

Sementara itu berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, kapal X-Press Pearl tersebut masuk ke galangan PT Nexus Engineering Indonesia diduga akan dilakukan penutuhan atau pemotongan kapal untuk dijadikan besi scrap.

Saat berita ini diunggah redaksi SwaraKepri masih terus berupaya melakukan konfirmasi terhadap pihak atau instansi terkait informasi dari masyarakat tersebut./Shafix

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Bea Cukai Batam Panggil Pihak Terkait soal Bangkai Kapal X-Press Pearl – SWARAKEPRI.COM

  2. Pingback: Kasus Bangkai Kapal X-Press Pearl, Begini Tanggapan ASPEL B3 Indonesia – SWARAKEPRI.COM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top