Ini penjelasan Nizar Soal Status Desa Persiapan Belum Definitif – SWARAKEPRI.COM
Lingga

Ini penjelasan Nizar Soal Status Desa Persiapan Belum Definitif

Nizar saat kampanye dialogis di Desa Persiapan Pasir Lulun, Kecamatan Lingga Utara, Jumat pagi (18/10/2024)./Foto: Ruslan

LINGGA – Berkaitan dengan permasalahan status Desa Persiapan di Kabupaten Lingga yang saat ini belum menjadi Desa definitif dikarenakan keluarnya moratorium dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang saat dikeluarkan pada tanggal 9 November 2022 lalu sehingga tertundanya proses ini.

Hal itu diungkapkan Nizar pada saat kampanye dialogis di Desa Persiapan Pasir Lulun, Kecamatan Lingga Utara, Jumat pagi (18/10/2024).

Nizar yang saat ini sedang menjalani masa cuti kampanye, mengungkapkan bahwa moratorium dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dikeluarkan pada 9 November 2022 menyebabkan tertundanya proses utama ini.

“Surat moratorium tersebut ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia, terkait tertundanya kode wilayah, kecamatan, kelurahan, dan desa,” jelasnya.

Moratorium ini berdampak langsung pada pembekuan sementara pembentukan desa definitif di seluruh Indonesia. “Proses ini masih di-hold atau distop sementara,” kata Nizar.

Nizar menambahkan, masa kepemimpinannya selama tiga setengah tahun sebagai Bupati Lingga telah menyelesaikan administrasi untuk pembentukan 11 desa persiapan.

Ia juga menegaskan bahwa seluruh persyaratan dari pemerintah daerah telah rampung.

“Namun, kami belum dapat melanjutkan karena terhambatnya moratorium. Proses ini harus kami lanjutkan pada awal tahun 2025. Tinggal menunggu persetujuan dari Kemendagri,” ujar Nizar.

Dengan kejadian ini, Nizar mengimbau agar desa induk tidak berhenti menganggarkan kebutuhan desa persiapan meskipun status definitif belum disetujui.

“Saya tidak meminta desa induk untuk menghentikan penyusunan anggaran desa. Kalau saya melarang dan melarang anggaran, justru akan menimbulkan masalah baru bagi saya sebagai kepala daerah,” tegasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top