Astaga! Rokok H&D Kemasan Ekspor Beredar di Batam(9) – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Astaga! Rokok H&D Kemasan Ekspor Beredar di Batam(9)

Tiga Kemasan Rokok H&D yang dipasarkan di Batam./Foto: Dok.swarakepri.com

BATAM – Peredaran rokok H&D ilegal masih menjamur di Kota Batam. Berbagai modus dilakukan untuk memasarkan rokok ilegal tersebut ke masyarakat. Sebelumnya SwaraKepri sudah mengulas berbagai kemasan rokok H&D ilegal yang dipasarkan di Kota Batam, diantaranya kemasan rokok H&D tanpa pita cukai dan rokok H&D dengan pita cukai salah peruntukan.

Kali ini tim SwaraKepri kembali menemukan kemasan baru rokok H&D yang dipasarkan di Batam, yakni rokok H&D dengan kemasan tulisan berbahasa Inggris. Rokok dengan kemasan seperti ini biasanya ditujukan untuk keperluan ekspor ke luar negeri.

Jika dilihat secara lebih detail lagi, kemasan rokok H&D kemasan baru ini terdapat tulisan “Smoking Causes, Mouth Cancer” pada bagian atas kemasan atau pada gambar peringatan kesehatan bergambar pada rokok H&D ini.

Selanjutnya, pada sisi bagian kanan kemasan rokok terdapat perbedaan penulisan jenis rokok yakni “SKM” di sebelah barcode yang mana pada kemasan sebelumnya dituliskan “Dilarang Menjual/Memberi Pada Anak Usia Dibawah 18 Tahun Dan Perempuan Hamil”.

Kemudian, pada kemasan bawah rokok di dua kemasan sebelumnya bertuliskan nama perusahaan yang memproduksi rokok H&D ini sementara pada kemasan baru ini tidak dituliskan nama perusahaan yang memproduksi rokok tersebut hanya terdapat logo H&D berwarna merah dan angka produksi.

Pada kemasan sebelah kiri rokok di kemasan baru ini terdapat tulisan “Tobacco Seriously Damage Healt, Source: EC Council, Directive 89/622/ECC” yang mana pada dua kemasan sebelumnya bertuliskan “Tidak ada batas aman! Mengandung lebih dari 4000 zat kimia berbahaya, 43 zat penyebab kanker”.

Laman: 1 2 3

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Bea Cukai Batam Tetapkan 1 Tersangka Kasus Peredaran Rokok H&D Ilegal(10) – SWARAKEPRI.COM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top