Banjir Besar Landa China Tengah, Sedikitnya 12 Tewas – SWARAKEPRI.COM
Voice Of America

Banjir Besar Landa China Tengah, Sedikitnya 12 Tewas

Pemandangan dari udara menunjukkan daerah yang tergenang setelah hujan deras di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, 21 Juli 2021. (Foto: cnsphoto via REUTERS)

CHINA – Sedikitnya 12 orang tewas di Zhengzhou, kota di China Tengah, setelah banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat selama berhari-hari.

Hujan menyapu jalan-jalan di ibu kota Provinsi Henan itu, memaksa pengendara kendaraan bermotor mengarungi permukaan air setinggi pinggang yang menenggelamkan sebagian dan bahkan menghanyutkan mobil-mobil.

Banjir juga menenggelamkan kereta bawah tanah Zhengzhou. Para penumpang kereta memposting video di media sosial sambil menunggu penyelamatan di air berlumpur setinggi pinggang. Seorang penumpang bernama Xiaopei memposting di Weibo bahwa “air di gerbong telah mencapai dada mereka.”

Puluhan waduk dan bendungan telah mencapai titik kritis. Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa bendungan Yihetan di kota di dekatnya, Luoyang, telah berada di ambang keruntuhan.

Warga mengarungi jalan yang banjir di tengah hujan deras di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, 20 Juli 2021. (Foto: China Daily via REUTERS)

Pihak berwenang telah mengevakuasi 100 ribu warga ke zona-zona aman.

Provinsi Henan yang berpenduduk sekitar 94 juta orang, telah mengalami hujan lebat selama seminggu ini. Pakar cuaca menyatakan Zhengzhou diguyur hujan tiga hari dengan curah yang biasanya turun dalam setahun.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top