Berjalan Kaki 15 Menit Sesudah Makan Diyakini Mampu Turunkan Berat Badan – SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Berjalan Kaki 15 Menit Sesudah Makan Diyakini Mampu Turunkan Berat Badan

ilustrasi/foto: istimewa

JAKARTA – Ada dua hal yang paling mempengaruhi penurunan berat badan, yaitu pola makan dan olahraga. Anda disarankan mengurangi konsumsi kalori lalu berolahraga untuk membakar kalori yang tersisa.

Tapi selain dua hal itu, Anda juga bisa mencoba hal-hal kecil yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan, misalnya berjalan kaki. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk menurunkan berat badan, terutama ketika dilakukan setelah makan.

Menurut penelitian 2013, berjalan di atas treadmill selama 15 menit setelah mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan mengontrol peningkatan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan karena lonjakan kadar gula darah. Jadi, kadar gula yang terkontrol membantu Anda memiliki berat badan yang ideal.

Studi lain yang dikutip Times of India, Ahad, 3/5/2020, mengungkapkan bahwa berjalan beberapa mil setelah makan dapat membantu memperlancar proses makanan di sistem pencernaan. Ini mencegah segala jenis masalah perut sekaligus meningkatkan rasa kenyang.

Untuk mencapai hasil yang optimal, Anda cukup berjalan setidaknya 15 menit setelah makan. Jika Anda punya waktu lebih, akan lebih baik jika menambah waktunya. Berjalan kaki sebaiknya dilakukan dalam rentang waktu satu jam setelah makan.

Di masa pandemi corona, Anda tak perlu melakukannya di luar rumah. Cukup bolak balik di ruang tamu atau naik turun tangga. Jangan jalan terburu-buru untuk menghindari gangguan pencernaan.

Meski terbukti mampu membantu penurunan berat badan, berjalan setelah makan hasilnya tak terlalu signifikan jika tidak diiringi olahraga rutin. Jalan kaki setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau mencoba olahraga kardio untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori.





Sumber: Tempo.co

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top