Bertambah 1, Pasien Positif Covid-19 di Batam jadi 158 Orang – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Bertambah 1, Pasien Positif Covid-19 di Batam jadi 158 Orang

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi./Foto: Dok.swarakepri.com

BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan penambahan 1 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu(7/6/2020). Dengan penambahan ini, tercatat ada total 158 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam.

Rudi menjelaskan, penambahan satu pasien positif Covid-19 ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster HOG Eden Park Kota Batam.

“Terkonfirmasi positif pada kasus ini seorang anak perempuan berusia 5 tahun,” kata Rudi dalam keterangan tertulis yang diterima Swarakepri, Minggu sore.

Dikatakan, seorang anak perempuan tersebut berinisial An.AAP usia 5 tahun, belum sekolah, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 158 Kota Batam.

“Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari terkonfirmasi positif nomor 134 dan juga adik kandung dari terkonfirmasi positif nomor 140,”ujarnya.

Rudi menguraikan, sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, maka pada tanggal 28 Mei 2020 yang bersangkutan bersama keluarganya melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil Non Reaktif.

Kemudian dilakukan pengambilan swab tenggorokan pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 yang hasilnya diketahui pada tanggal 01 Juni 2020 dengan hasil terkonfirmasi Negatif.

Selanjutnya pada tanggal 03 Juni 2020 kembali dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSAB yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif.

“Perlu diketahui bahwa yang bersangkutan sudah terlebih dahulu dilakukan perawatan di ruang isolasi RSELB sebagai pasien dengan riwayat closes contact dengan ibu dan saudaranya yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif,”terangnya.

“Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti,”lanjutnya.

Kata Rudi, sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveillance Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster, dapat disimpulkan bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19,”ujarnya.

Ia menghimbau seluruh masyarakat untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja.

“Mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,”pungkasnya.

(Redaksi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top