BNNP Kepri Gelar Tes Urine Kru Pesawat di Hang Nadim – SWARAKEPRI.COM
BATAM

BNNP Kepri Gelar Tes Urine Kru Pesawat di Hang Nadim

BNNP Kepri Gelar Tes Urine Kru Pesawat di Hang Nadim/foto : Marina

BATAM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri bekerjasama dengan Polda Kepri dan Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam melakukan tes urine kepada sejumlah pilot dan awak maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim pada kamis (27/12/2018).

Kepala BNNP Brigjen Richard Nainggolan mengatakan, tes urine ini rutin dilakukan setiap tahun bersamaan dengan rangkaian operasi Lilin menjelang pergantian tahun.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, kami mendeteksi pemeriksaan urine terhadap para kru pesawat,” ujar Richard.

Tidak hanya dilakukan kepada kru pesawat saja, pemeriksaan tes urine juga dilakukan kepada sejumlah awak kapal di seluruh pelabuhan yang ada di batam.

“Pemeriksaan tidak hanya dilakukan kepada kru pesawat saja, ini juga kami lakukan kepada awak kapal dan angkutan darat, untuk mengetahui apakah ada yang menggunakan obat obatan terlarang atau tidak,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi keamanan dan keselamatan serta kepastian bahwa kru dalam keadaan sehat dan tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Dalam pemeriksaan tersebut,  terlihat petugas BNNP bersama tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Kepri dan Polresta Barelang memeriksa langsung co pilot dan pramugari serta para kru maskapai Citilink, untuk menjalani tes urine.

Tidak hanya memeriksa crew maskapai saja, Petugas BNNP juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan para penumpang pesawat yang baru tiba dengan menggunakan anjing pelacak.

Sementara itu, dalam pemeriksaan tidak ada ditemukan satupun penyalahgunaan narkotika,  terhadap para kru dan juga penumpang yang baru di periksa di bandara.

“Sejauh ini belum ada temuan  penyalahgunaan narkotika, baik kepada kru pesawat dan co pilot, selebihnya kegiatan yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan dan juga meyakinkan bahwa para kru Pesawat maupun awak kapal dalam kondisi yang sehat,” ungkapnya.

 

 

Penulis  : Marina
Editor    : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top