BP Batam Paparkan Progres Pembangunan Infrastruktur Pendukung Investasi di Batam – SWARAKEPRI.COM
BATAM

BP Batam Paparkan Progres Pembangunan Infrastruktur Pendukung Investasi di Batam

webinar yang diselenggarakan oleh The Jakarta Post dengan mengusung tema “Seizing Growth Momentum: Guide to Best Investment Destinations in Indonesia", Kamis (16/9/2021)./Foto: Humas BP Batam

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam berkesempatan untuk menjadi salah satu narasumber dalam web seminar (webinar) yang diselenggarakan oleh The Jakarta Post dengan mengusung tema “Seizing Growth Momentum: Guide to Best Investment Destinations in Indonesia”, Kamis (16/9/2021).

Adapun kedua narasumber lainnya yang termasuk dalam webinar tersebut adalah Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi, Indra Darmawan dan Ketua Kamar Dagang Inggris di Indonesia, Olly Riches.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis BP Batam, Fesly Abadi Paranoan berkesempatan untuk memaparkan rencana dan progres pembangunan infrastruktur pendukung investasi di Batam.

Salah satu diantaranya adalah Bandara Internasional Hang Nadim yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia yaitu 4.025 meter dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan dengan konsorsium Angkasa Pura I, Incheon-Korea Selatan, dan PT Wijaya Karya. Adapun area yang akan dikelola seluas kurang lebih 350 hektar, dengan perbaikan yang akan dilakukan nantinya mencakup terminal 1, pembangunan terminal 2, serta mengoperasikan fasilitas landasan pacu dan gedung kargo.

“Selain itu, Batam juga mulai mengembangkan energi terbaru dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan telah menandatangani MoU dengan Sunseap Group Pte. Ltd dari Singapura senilai Rp 29 Triliun di Waduk Duriangkang serta PT Toba Bara Energi senilai Rp 6,8 Triliun di Waduk Tembesi,” jelas Fesly.

Sebagai salah satu destinasi investasi utama di Indonesia, Fesly mengatakan, Batam mencatat total realisasi investasi pada semester pertama 2021 sebesar Rp 7,76 triliun dengan 2.567 proyek.

Berdasarkan data dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) bahwa terdapat peningkatan realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) antara 2020 dan 2021 sebanyak 10,69 persen dengan peningkatan jumlah proyek sebanyak 201,12 persen.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top