Cabai dan Bawang Merah Picu Inflasi Batam – SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Cabai dan Bawang Merah Picu Inflasi Batam

ilustrasi bawang merah. /disediakan oleh swarakepri.com

BATAM – Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat tingkat inflasi November 2020 sebesar 0,32 persen dipengaruhi oleh kenaikan harga empat komoditas. Keempat komoditas tersebut yakni cabai merah, bawang merah, cabai rawit dan telur ayam.

“Komoditas yang dominan memberikan andil sumbangan inflasi, yaitu cabai merah, bawang merah, cabai rawit dan telur ayam ras,” ujar Kepala BPS Kota Batam, Rahmad Iswanto, ketika dikonfirmasi awak media, Senin (14/12/2020).

Rahmad Iswanto mengatakan, cabai merah menyumbang inflasi sebesar 0,128 persen, bawang merah 0,124 persen, cabai rawit 0,034 persen dan telur ayam 0,024 persen.

Sementara itu, dari 370 komoditas yang menyusun inflasi Kota Batam, 64 komoditas mengalami kenaikan harga dan 57 komoditas mengalami penurunan harga.

“Inflasi yang yang terjadi di bulan November 2020 ini disebabkan oleh naiknya indeks harga empat kelompok yaitu transportasi, kelompok makanan, minuman dan tembakau, perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga serta kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar,” bebernya.

Sebaliknya, empat kelompok mengalami penurunan indeks harga yaitu perawatan pribadi dan jasa lainnya, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, kelompok pakaian dan alas kaki serta kelompok kesehatan.

“Sedangkan tiga kelompok lainnya tidak mengalami perubahan harga,” pungkasnya./Fix/Red

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top