Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Tanjung Irat Lingga Dirikan Posko Kampung Tangguh – SWARAKEPRI.COM
Lingga

Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Tanjung Irat Lingga Dirikan Posko Kampung Tangguh

Desa Tanjung Irat Lingga Dirikan Posko Kampung Tangguh./Foto: Ruslan/swarakepri.com

LINGGA – Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Desa Tanjung Irat Kecamatan Singkep Barat mendirikan Posko Kampung Tangguh. Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga saat ini meningkat drastis, sehingga perlu dilakukan penanganan cukup serius.

Kepala Desa Tanjung Irat, Darwan mengatakan, posko kampung tangguh didirikan atas dasar instruksi dari Kecamatan Singkep Barat. Pasalnya menjelang hari raya Idul Fitri banyak warga yang pulang kampung.

“Maka kita mendirikan posko ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Singkep Barat, khususnya di Desa Tanjung Irat,” kata Darwan kepada SwaraKepri, Sabtu, (8/5/2021)

Darwan menjelaskan setiap warga yang masuk ke Desa Tanjung Irat wajib dilakukan pengecekan suhu, lalu mencuci tangan, disediakan handsanitazier, dan masker.

“Setiap pengendara yang masuk ke Desa Tanjung Irat yang tidak memakai masker akan ditahan oleh Satgas Covid-19 untuk di pakaikan masker, lalu di cek suhu tubuhnya,” jelasnya.

Selain itu, pihak Desa juga mempersiapkan ruangan isolasi bagi warga kampung yang berpergian jauh, jika ditemukan ada gejala Covid-19 bisa langsung di karantina mandiri.

“Kita juga mempersiapkan ruangan isolasi untuk mengantisipasi adanya warga kampung yang berpergian jauh lalu timbul gejala Covid-19 maka bisa kita karantina mandiri di ruang isolasi yang telah di persiapkan,” bebernya

Darwan mengucapkan terimakasih atas peran aktif dari Babinkamtibmas dan Babinsa yang setiap kegiatan di Desa Tanjung Irat.

“Terimakasih atas peran dari Babinkamtibmas, dan Babinsa yang berperan aktif setiap kegiatan yang ada di desa tanjung Irat,” ucapnya

Dia menghimbau kepada masyarakat bahwa dengan adanya Covid-19 minta ada kesadaran diri dengan menjaga kesehatan, jika berpergian wajib menggunakan masker.

“Kepada masyarakat diharapkan kesadaran diri dengan disiplin protokol Kesehatan. Hal tersebut sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga,” harapnya.

Sementara itu, Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Desa Tanjung Irat dengan membangun posko kampung tangguh.

“Hal tersebut sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Singkep Barat, khususnya di Desa Tanjung Irat,” ungkap Taupik.

Taupik berharap agar Desa lainnya juga segera mendirikan posko, agar setiap desa dapat mengawasi keluar masuknya warga ke wilayah masing-masing.

“Kita harapkan Desa lainnya juga segera mengambil langkah agar kita dapat sama-sama mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Singkep Barat ini,” pungkasnya./Ruslan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top