Dinas Sosial PPPA Lingga Adakan FGD tentang Perlindungan Anak – SWARAKEPRI.COM
KEPRI

Dinas Sosial PPPA Lingga Adakan FGD tentang Perlindungan Anak

Dinas Sosial PPPA Lingga Gelar FGD terkait perlindungan anak, Selasa (28/9).foto: Ruslan

LINGGA – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait perlindungan anak, bertempat di Gedung Kemala Mustika Kantor Camat Singkep Barat, Selasa (28/9/2021).

Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Lingga Kisanjaya mengatakan, kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan beberapa lembaga dibawah Dinsos Lingga untuk menekan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Jadi ini kita perlu mensosialisasikan kepada masyarakat, sebab dilihat semakin hari dengan kondisi kita seperti ini semakin tinggi tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Kisanjaya.

Kisanjaya mengharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat dengan menggunakan lembaga-lembaga yang telah dibentuk.

“Agar dibudayakan lembaga ini untuk menekan kasus-kasus tersebut,” harapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat, khususnya Kecamatan Singkep Barat, sehingga dapat menekan kekerasan terhadap perempuan anak.

Sementara itu, Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Singkep Barat.

“Karena diketahui desa kami ini jauh jangkauannya, namun alhamdulilah dengan pertemuan ini kami juga sudah mengajak kepada desa untuk mengfungsionalkan perangkat-perangkat desa serta Linmas diwilayah kerja masing-masing,” kata Taupik.

Taupik menuturkan untuk mencegah dan mengawasi kegiatan anak-anak di Desa masing-masing, harus diberlakukan Perbup nomor 35 tahun 2013 terkait jam malam.

“Terjadinya kasus-kasus tersebut dikarenakan kurangnya kontrol serta edukasi dari orang tua dan anak-anak. Maka perlunya penerapan Perbup untuk mengantisipasi hal tersebut,” ujarnya.

Selain itu, terjadi kekerasan dalam rumah tangga tidak terlepas dari pada faktor-faktor ekonomi, ditambah dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Kekerasan terjadi karena berefek pada faktor ekonomi ditambah sulitnya mata pencaharian ditengah pandemi Covid-19,” bebernya./Ruslan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top