DPRD Batam Desak Pemko Tambah Pemasangan Tapping Box | SWARAKEPRI.COM
BATAM

DPRD Batam Desak Pemko Tambah Pemasangan Tapping Box

SEKRETARIS KOMISI IV DPRD KOTA BATAM, UDIN P. SIHALOHO

BATAM – Pemerintah Kota Batam akan menerapkan pemberlakuan alat perekam transaksi tapping box. Sedikitnya sudah ada 300 titik pemasangan alat tapping box, antara lain di restoran, hotel dan kedai kopi di wilayah kota Batam.

Namun, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P. Sihaloho mengatakan pemasangan alat tersebut masih belum maksimal  untuk menambah pendapatan Pajak Asli Daerah (PAD) walaupun sudah dipasang di beberapa tempat usaha yang ada di Batam.

Anggota Partai PDI Perjuangan ini mengharapkan pemasangan tapping box harus ditambah, seperti kedai kopi Morning Bakery yang sudah memiliki 13 outlet dengan omset penjualan per hari diperkirakan mencapai 7 juta rupiah. 

“Saya menanyakan untuk  pendapatan pajak sektor kedai kopi itu seperti apa, seperti Morning Bakery, yang sampai sekarang belum terpasang tapping box,” ujar Udin, pada kamis (1/11/2018).

“Hitungkan saja misal omsetnya 7 juta per hari dikali 13 outlet, sudah jelas Rp 210 juta per hari untuk omset, yang tentu saja kita sudah dapat pajaknya sebesar Rp 21 juta per hari, jika kita hitung per tahun berarti pendapatan pajak dari sana sebesar Rp 7 miliar lebih per tahunnya,” ujarnya.

Ia juga mempertanyakan alasan Morning Bakery belum dipasang tapping box, padahal usaha kedai kopi Morning Bakery sangat berpotensi menambah pendapatan daerah. 

“Nah ini salah satu yang kita pertanyakan di pembahasan KUA-PPAS tentang peningkatan pendapatan daerah dari pajak tempat usaha seperti kedai kopi, yang saat ini ditargetkan Rp 5,5 miliar,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Udin mengusulkan agar pendapatan pajak daerah untuk sektor kedai kopi,  yang tadinya ditargetkan Rp 5,5 miliar dapat ditingkatkan lagi menjadi Rp 7 miliar.

Penulis : Marina

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 13 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top