DPRD Batam Minta Anggaran Dinas Koperasi dan UKM Ditambah | SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

DPRD Batam Minta Anggaran Dinas Koperasi dan UKM Ditambah

Gedung DPRD Kota Batam (foto : dok.swarakepri.com)

BATAM – Komisi I DPRD Kota Batam meminta Pemko membuat rancangan atau usulan anggaran yang signifikan untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Mikro yang ada di Batam. Jangan seperti tahun ini dimana kegiatan Dinas Koperasi dan UKM hanya dua kegiatan dalam setahun. Penambahan anggaran ini penting penting untuk mendorong semakin banyaknya wiraswasta dan industri mikro yang ada di Batam.

“Janganlah seperti tahun ini. Hanya sekitar Rp 1 miliar untuk anggaran dinas Koperasi dan UKM. Itu sama saja, dinas tersebut makan gaji buta karena tidak ada kegiatan,”kata anggota komisi I DPRD Kota Batam, Tumbur Sihaloho, Kamis (4/10).

Tumbur mengatakan, koperasi dan usaha mikro harusnya didorong agar terus berkembang. Di mana saat banyak industri rumahan dan koperasi yang masih butuh pendampingan dan suntikan dana.

“Kalau industri mikro ini tumbuh, perekonomian kita juga tumbuh. Tahun ini hanya sekitar Rp 1 miliar. Bisa apa kalau anggaran hanya segitu,”tambahnya.

Menurut Tumbur, di tahun ini kegiatan dari dinas koperasi dan UKM sangat minim. Hanya satu atau dua kegiatan yang dilakukan langsung bersentuhan dengan pelaku usaha kecil dan mikro.

“Kalau saya tak salah hanya sertifikasi saja. Jadi sangat minim kegiatannya. Kita berharap anggaran di tahun 2019 mendatang harus lebih signifikan,” katanya.

Sementara itu, kepala dinas koperasi dan UKM Kota Batam Sulaeman Nababan mengatakan, tahun ini pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena memang anggaran yang terbatas. Ia mencatat hanya dua kegiatan yang dilakukan dalam setahun ini.

“Mau bagaimana lagi. Anggaran kita hanya Rp 1 miliar. Jadi hanya sertifikasi halal saja yang kita lakukan dan ikut pameran di Tanjungpinang,” katanya.

Menurutnya, pendampingan dan pelatihan kepada pelaku usaha mikro tidak bisa dilakukan. Ia berharap tahun depan bisa merealisasikannya agar pelaku koperasi dan UKM di Batam bisa terbantu.

“Masih banyak pengusaha mikro yang belum mengetahui mengenai akses pembiayaan ke bank. Di sini masih banyak yang perlu didampingi,” katanya.

 

 

Sumber : batampos.co.id

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 18 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top