DPRD Batam Minta Disdik Prioritaskan PPDB Jalur Afirmasi – SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

DPRD Batam Minta Disdik Prioritaskan PPDB Jalur Afirmasi

Ilustrasi siswa baru tingkat SD di saat pandemi./Foto:Ist

BATAM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi atau dari keluarga tidak mampu menjadi perhatian Komisi IV DPRD Kota Batam.

Dalam sebuah rapat bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Kamis (3/6/2021), Komisi IV ini meminta agar semua peserta didik baru dari jalur afirmasi tahun 2021 dapat diterima.

“Semua peserta dari jalur afirmasi kami minta diakomodir, jangan sampai mereka tidak diterima atau digeser ke sekolah lain,” pinta ketua Komisi IV, Ides Madri kepada Disdik Kota Batam.

Karena jika jalur afirmasi ini di geser ke sekolah lain, tentunya jaraknya lebih jauh dari tempat tinggal sehingga akan membutuhkan biaya tambahan untuk berangkat ke sekolah.

Selain itu, bagi para orang tua atau wali murid yang tergolong mampu, Ides menghimbau agar mempertimbangkan untuk disekolahkan di sekolah swasta. Pasalnya, daya tampung sekolah negeri yang cukup terbatas. “Harapan kami begitu,” kata Ides.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman. Menurut dia prioritas PPDB jalur afirmasi ini sekaligus bagian dari mensukseskan program pendidikan dasar 9 tahun.

Hal yang tak luput dari perhatian Aman adalah persiapan Disdik Kota Batam untuk meningkatkan kapasitas server beserta data center jelang PPDB 2021.

“Saya mengapresiasi penyelenggara (Disdik) karena sudah membagi jadwal pendaftaran yang berbeda di dua tingkatan. Selain itu, saya kira server pendaftaran ini juga perlu ditingkatkan kapasitasnya,” kata Aman.

Ditempat yang sama, Sekretaris Disdik Batam, Andi Agung mengatakan jadwal pendaftaran PPDB untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di mulai tanggal 8 sampai 15 Juni 2021. Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di mulai dari tanggal 16 sampai 23 Juni 2021.

Pembagian PPDB 2021 kedua jenjang sekolah tersebut dimaksudkan untuk mencegah kendala macetnya server web sebagaimana yang terjadi di tahun 2020 lalu.

“Tahun ini akan disiapkan tiga server, kalau tahun lalu kan cuma satu. Ini dilakukan untuk mencegah sistemnya crowded, dan memudahkan akses,” kata Andi.

Andi juga menghimbau agar masyarakat memperhatikan jadwal PPDB serta tidak terburu-buru.

“Kami sudah berkoordinasi dengan operator untuk pendaftaran tingkat SD dan SMP. Semua kekurangan akan terus kami evaluasi,” pungkasnya./Red/DN

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top