Dua Kapal Kargo Kecelakaan dan Kandas di Perairan Sambu Batam, 46 Kru Kapal Selamat – SWARAKEPRI.COM
PERISTIWA

Dua Kapal Kargo Kecelakaan dan Kandas di Perairan Sambu Batam, 46 Kru Kapal Selamat

Foto: elang Swarakepri.com

BATAM – Memasuki hari kedua, proses evakuasi dua kapal kargo yang mengalami kecelakaan dan kandas saat berlayar melintasi Perairan Batu Berhenti Sambu, Kota Batam, Kepulauan Riau, masih berlangsung dan berjalan lancar terkendali.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min mengatakan, untuk MV Samudra Sakti 1 berbendera Indonesia berhasil dievakuasi dari posisi kandasnya. Beruntung, 21 kru kapal tujuan Belawan – Batam selamat dalam kondisi sehat.

“Dinihari tadi kapal MV Samudra Sakti 1 lego jangkar di Pelabuhan Batuampar. Seluruh kru kapal selamat dan dalam keadaan sehat,” kata Mu’min, Selasa (12/5/2020).

Sementara kapal Sharaz, masih terjebak dalam posisi kandasnya. Petugas hingga kini masih berupaya mengevakuasi kapal berbendera Iran dengan tujuan Malaysia – China tersebut.

“Kapal Sharaz masih dalam posisi kandas, dan untuk kru kapalnya berjumlah 25 orang berhasil selamat dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Belum diketahui pasti penyebab kandasnya kedua kapal ini. Mu’min mengatakan, petugas hingga kini masih melakukan pemeriksaan dan mendalami penyebab kecelakaan.

Sebelumnya diberitakan, kedua kapal cargo ini kandas pada Senin (11/5/2020) sekitar pukul 02.32 WIB. Peristiwa ini baru diketahui setelah Tim Basarnas menerima Email MPA dari Singapura.

Setelah mendapat informasi tersebut, tim gabungan SAR terdiri dari KSOP Sekupang, Bakamla, Polair Polda Kepri, VTS Batam, dan PLP Tanjung Uban, langsung bergerak menuju lokasi kejadian kecelakaan untuk melakukan pertolongan, sekitar pukul 05.45 WIB.

Dalam proses evakuasi, tim menurunkan alat utama, seperti RIB 03 Batam, KN. Kalimasahada, Kapal Patroli, Peralatan Komunikasi dan Peralatan Medis/Evakuasi.

(Elang)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top