Dugaan Politik Uang di Batam Kota, Bawaslu Sudah Periksa 4 Saksi | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Dugaan Politik Uang di Batam Kota, Bawaslu Sudah Periksa 4 Saksi

Mangihut Rajagukguk(kanan) dan Bosar Hasibuan(Kiri) saat bertemu dengan aliansi parpol peserta pemilu di kantor Bawaslu Kota Batam, Senin(29/4/2019)/Foto : RD_JOE

BATAM – Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kota Batam masih terus melakukan penyelidikan dugaan politik uang oknum Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Kepri inisial NN dan oknum caleg DPRD Kota Batam inisial AS.

“Empat saksi sudah diklarifikasi,” ujar Komisioner Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajagukguk, Senin(29/4/2019) sore.

Mangihut mengatakan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terhadap oknum Caleg NN dan AS. “Tadi(Senin) kita panggil yang bersangkutan (NN), dan dia kooperatif,” ujarnya.

Menurut Mangihut, pihaknya juga sudah dua kali turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan dugaan politik uang tersebut.

“Yang pemberi(uang) sampai sekarang belum kita temukan. Kita terus berusaha, tidak akan ada yang bisa kita tutupi. Kita laksanakan sesuai dengan kewenangan kita,”tegasnya.

Mangihut menjelaskan bahwa dalam melakukan investigasi dan meminta keterangan kepada saksi-saksi, pihaknya didampingi pihak kepolisian.

“Diteruskan atau tidak, bukan hanya kewenangan Bawaslu, tapi ada kewenangan pihak Kepolisian dan Kejaksaan untuk memutuskan itu,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Batam, Bosar Hasibuan menegaskan bahwa dugaan politik uang oknum Caleg NN dan AS sudah ditindak lanjuti ke sentra Gakkumdu dan saat ini masuk tahap klarifikasi.

“NN dan AS sudah kita periksa. Kita sudah maksimal. Kita tidak akan bisa macam-macam karena ini sudah di sentra Gakkumdu,” tegasnya.

Bosar menegaskan bahwa pihaknya didampingi penyidik untuk melakukan proses penyelidikan dugaan politik uang oknum Caleg NN dan AS tersebut.

“Ketika nanti bukti-buktinya sudah terpenuhi, kita akan melakukan pembahasan ke dua untuk menentukan apakah kasus ini layak untuk ditingkatkan ke penyidik atau tidak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dugaan politik uang oknum Caleg NN dan AS mencuat pasca beredarnya video di media sosial yang mengandung politik uang, pada Minggu(14/4/2019) lalu.

Dalam video tersebut, terlihat dua orang perempuan sedang mengobrol dan diduga melakukan transaksi uang untuk memilih nama Caleg DPRD Kota Batam dan Caleg DPRD Provinsi Kepri pada Pemilu 2019.

 

 

Penulis : RD_JOE

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top