Ini Cara Diet yang Benar dan Cepat Berhasil – SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Ini Cara Diet yang Benar dan Cepat Berhasil

ilustrasi/foto: istimewa

JAKARTA-Cara diet yang benar perlu diketahui agar kita tahu makanan apa yang perlu dikonsumsi dan dihindari.

Dalam hal penurunan berat badan memang kita perlu menghilangkan asupan lemak serta karbohidrat berlebih. Menjalankan diet sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran hijau dan juga beberapa makanan mengandung protein. Pada prinsipnya, diet yang sehat adalah diet yang memenuhi kaidah gizi seimbang.

Menurut Dietary Guidelines for American pada tahun 2015-2020 menunjukkan pola makan sehat seperti:

1. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan susu serta produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
2. Mengonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan serta telur.
3. Makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol dan gula tambahan.

Pemilihan makanan yang tepat bisa membantu Anda memangkas bobot tubuh yang cukup banyak.

Ini cara diet yang benar dan cepat berhasil:

1. Pilih makanan yang tepat
Saat menjalani diet, Anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, berminyak hingga rasa manis yang berlebihan.

Makanan yang tepat sangat penting untuk menyukseskan diet yang sedang dijalani. Sebaiknya hindari makanan kemasan dan juga gorengan agar dietnya sukses.

2. Mengatur jadwal makan
Untuk menghindari tubuh kelaparan, Anda harus mengatur waktu makan. Pola makan diet sehat tetap dapat membuat Anda bisa makan seperti biasa.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan porsi serta menu makanan yang akan dikonsumsi.

3. Kurangi mengonsumsi gula dan garam

Selain mengatur porsi dan menu yang akan dikonsumsi, Anda juga harus batasi konsumsi gula dan garam.

Membatasi gula dan garam merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalani diet.

4. Jangan biarkan tubuh kelaparan
Saat diet, kelaparan bukan jadi pilihan yang baik. Rencana ingin menahan nafsu makan, tetapi justru nanti malah makan secara berlebihan.

Rasa lapar yang berlebih akan membuat keinginan untuk mengonsumsi makanan apapun yang ada di depan mata.

5. Makan secara perlahan
Makan terlalu cepat dapat berisiko menambah berat badan. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan cepat berisiko mengalami obesitas sebesar 115 persen dibandingkan orang yang makannya lambat.

Hormon dalam tubuh mengatur nafsu makan maupun mengontrol sebanyak apa makanan yang akan masuk dengan memberi sinyal pada otak mengenai rasa lapar atau kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan dan membantu menurunkan berat badan.

Sehingga makan secara perlahan dan banyak mengunyah makanan merupakan salah satu cara diet yang benar. Anda bisa mengurangi risiko makan terlalu banyak dan bertambahnya berat badan.

6. Jangan makan gorengan
Cara diet yang benar untuk pemula ataupun yang sudah lama menjalaninya adalah jangan makan gorengan. Pilih makanan yang dikukus atau direbus karena mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang digoreng.

7. Tetap terhidrasi
Penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, dan meningkatkan pembakaran kalori.

Studi juga menemukan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori selama makan berikutnya pada orang dewasa.
Orang yang banyak minum air terbukti mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari. Karena itu, konsumsi air putih menjadi cara diet yang benar dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

8. Olahraga Teratur
Olahraga harus menjadi rutinitas untuk membantu membakar kalori lebih ekstra. Selain untuk membakar kalori, melakukan olahraga juga dapat membantu membentuk otot dan membuat bentuk tubuh lebih ideal. Anda dapat melakukan olahraga sekurangnya 30 menit sehari.

Olahraga tidak harus berat. Berjalan santai 45 menit juga bisa Anda lakukan untuk membantu sel-sel tubuh bergerak aktif.

9. Cukup tidur
Kurang tidur atau istirahat menghambat proses metabolisme tubuh. Meski telah melakukan diet yang sehat tetapi tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, usaha kamu untuk menurunkan berat badan dapat gagal. Istirahatlah yang cukup dengan tidur 6-8 jam sehari.




Sumber: detik.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top