Jaga Sitkamtibmas, Polres Karimun Undang Tokoh Agama Nasrani | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Jaga Sitkamtibmas, Polres Karimun Undang Tokoh Agama Nasrani

Puluhan Pendeta dari berbagai Sidang dan Jemaat Gereja-Gereja Se-Kabupaten Karimun saat menghadiri Kegiatan Penggalangan para Pendeta Polres Karimun, Selasa (20/8/2019) di Gerai Kopi Kamtibmas Hall A Coastal Area Tanjung Balai Karimun.

KARIMUN – Guna menjaga Kerukunan hidup antar umat beragama dan ciptakan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) di wilayah Kabupaten Karimun paska terjadinya penangkapan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Polres Karimun melalui Polsek Balai laksanakan giat penggalangan terhadap para Pendeta dan Tokoh Agama Nasrani Se-Kabupaten Karimun, Selasa (20/8/2019).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Balai Karimun, AKP Budi Hartono, S.I.K mengatakan bahwa kegiatan Penggalangan tersebut dilaksanakan guna memberikan himbauan- himbauan Kamtibmas kepada para Pendeta yang ada di Kabupaten Karimun tentang yang sedang terjadi di Kabupaten Karimun maupun nasional paska penangkapan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

Pada kegiatan itu, Budi juga menghimbau kepada para Pendeta yang hadir pada kesempatan tersebut agar dapat menyampaikan kepada jemaatnya pada saat ibadah maupun kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya agar tidak terprovokasi dengan berita-berita yang beredar di Media Sosial (Medsos).

“Kita harus bersama-sama menjaga Karimun tetap aman dan Kondusif. Jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang beredar yang belum tentu kebenaranya,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan perwakilan dari Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Karimun, Ipda J Manurung. Ia berpesan agar umat Kristen jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Kita jangan langsung memvonis seseorang bersalah sebelum ada putusan bersalah dari Pengadilan. Sehingga kita tidak mudah diprovokasi dari pihak manapun, tambahnya.

Pada kesempatan itu, perwakilan Pendeta yang hadir, Pdt Elisabet dan Edison P Madelu perwakilan dari Gereja GPIB Ora Et Labora Meral, juga menyampaikan saran kepada Kepolisian agar kiranya membuat maklumat atau himbauan Kamtibmas ke setiap Gereja-Gereja yang ada di Kabupaten Karimun agar pihak Pendeta tidak salah mengambil langkah.

Memfasilitasi pihaknya kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) agar dalam pertemuan yang formal, dari Agama Kristen dilibatkan. Karena, selama ini, terangnya, setiap pertemuan formal yang dilakukan di FKUB Kabupaten Krimun, dari Agama Kristen jarang dilibatkan.

“Kita berharap dapat fasilitasi pihak Kepolisian ke FKUB. Karena selama ini, dari Agama Kristen, jarang dilibatkan,” ujar Elisabet mengakhiri dan diaminkan oleh yang lainya.

Adapun para Pendeta yang hadir dala kegiatan itu antaralain adalah, Pendeta Elisabet dari GPPS Bukit Sion Jalan Pertambangan Kelurahan Tanjung Balai Karimun, Pendeta Moody Jendi dari GPdI Anugrah, Pendeta Villy Frederick daru GPdI Solideo Sei Lakam Timur, Edison P Medelu Pengurus Gereja GPIB Ora Et Labora Meral, Ernis P Hutabarat Pengurus Gereja Jemaat HKBP.

Pendeta AF Simatupang dari GBI Laixing Pertambangan Kapling Tebing, Pendeta Parlin Purba dari Jemaat GBI Teluk Setimbul Meral Barat, Pendeta Inde Saragih dari Jemaat GPDI Poros Meral, Pendeta J Sianturi dari Jemaat GPdI Sei Bati Tebing, Pendeta Sailis Tobing dari Gereja GBI Sei Lakam Barat.

Selanjutnya, Pendeta Amron Silaban dari Gereja Jemaat Gekari Tebing, Pendeta H Limpulus dari Jemaat GPdI Narwastu Meral, Pendeta Pargaulan Marpaung dari HKBP Resort Karimun, Kasat Polair Polres Karimun Iptu Sahata Sitorus dan Perwakilan dari Sat Binmas Polres Karimun. Kegiatan yang dilaksanakan di Gerai Kopi Kamtibmas Hall A Coastal Area Tanjung Balai Karimun itu, dilanjutkan dengan Deklarasi dan foto bersama.

Penulis: Hasian

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top