Jokowi: Gugus Tugas Tingkat RT/RW Kunci Pengendalian Corona – SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Jokowi: Gugus Tugas Tingkat RT/RW Kunci Pengendalian Corona

presiden ri joko widodo/foto: istimewa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan gugus tugas tingkat RT/RW menjadi kunci pengendalian penyebaran virus corona (Covid-19). Menurutnya, unit masyarakat paling bawah ini menjadi upaya yang paling efektif untuk mengendalikan virus tersebut.

“Laporan yang saya terima dari para gubernur baik yang menerapkan PSBB maupun yang tidak, kesimpulannya yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran Covid ini adalah unit masyarakat yang paling bawah,” ujar Jokowi saat dilansir dari cnnindonesia.com, Senin (18/5/2020).

Jokowi meminta agar seluruh kepala daerah memperkuat gugus tugas yang berada di tingkat RT/RW untuk mengendalikan penyebaran corona. Ia mencontohkan pemerintah provinsi Bali yang dinilai berhasil mengendalikan corona dengan mengerahkan desa adat.

“Saya minta seluruh kepala daerah memperkuat gugus tugas di tingkat RT, RW, atau desa. Di Bali misalnya ada desa adat, ini penting sekali, kuncinya di sini, gugus tugas RT/RW, atau desa atau desa adat,” katanya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sejak lama telah meminta pelibatan daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kelurahan, hingga RT/RW untuk mengendalikan penyebaran corona.

Sementara Pemprov Bali diketahui juga melibatkan desa adat untuk menekan penyebaran corona. Perangkat desa adat diyakini lebih membuat masyarakat Bali patuh karena ada nilai-nilai dari leluhur dalam menghadapi wabah.

Di kesempatan yang sama, Jokowi juga ingin fasilitas puskesmas diperkuat untuk menghadapi wabah virus corona. Saat ini tercatat ada 10.134 puskesmas di seluruh Indonesia. Sebanyak 4 ribu di antaranya merupakan Puskesmas yang telah memiliki fasilitas rawat inap.

“Saya minta fasilitas kesehatan di tingkat pertama yaitu Puskesmas harus diperkuat, karena kita punya 10.134 di seluruh tanah air dan 4 ribu di antaranya puskesmas dengan fasilitas rawat inap,” ujar Jokowi

Hingga Minggu (17/5) Dari jumlah itu, 4.129 orang dinyatakan sembuh, dan 1.148 orang lainnya meninggal.





Sumber: CNNIndonesia.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top