Kadin Kepri Kritisi Rencana Kenaikan Harga Gas Industri di Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Kadin Kepri Kritisi Rencana Kenaikan Harga Gas Industri di Batam

PELAKSANAAN DISKUSI MEMBEDAH KENAIKAN GAS DI HARRIS HOTEL BATAM CENTER/FOTO: MARINA

BATAM – Ketua Kadin Kepri, Akhmad Maruf Maulana mengkritisi rencana kenaikan harga gas industri yang mencapai 40 hingga 60 persen karena dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kepri, khususnya yang ada di Batam.

“Kenaikan ini otomatis akan berpengaruh kepada pengusaha. Kalau harga gas (industri) ini naik 40 hingga 60 persen, kita tidak akan diam saja, ini kami akan terus perjuangkan karena ini bukan saja berdampak pada pengusaha, tetapi juga ke masyarakat luas. Kalau harga gas naik, otomatis listrik pun akan naik,” ujar Maruf dalam diskusi “Membedah Kenaikan Gas” yang diadakan di Hotel Haris Batam Centre, Senin (17/9/2018).

Sementara itu, adanya rencana kenaikan gas industri di Batam disebabkan karena adanya kenaikan harga di hulu (ConocoPhillips) akibat melemahnya Rupiah terhadap Dollar. Hal tersebut berpengaruh pada PT PGN sebagai transporter gas. Selama ini, PGN Batam mengambil gas dari sumur di Grissik, Sumatera Selatan yang dikelola oleh ConocoPhillips dan di Jambi yang disalurkan melalui pipa transmisi yang dibawa ke Panataran, Batam.

Kepala PGN Batam, Amin Hidayat menjelaskan, kenaikan harga gas industri di Batam yang mencapai 40 sampai 60 persen belum dapat dipastikan kapan akan diberlakukan. PGN di Kepri masih berpatokan dengan surat Kementerian ESDM per 10 September 2018 yang menyebutkan adanya penyesuaian harga gas. Kenaikan akan dilakukan secara bertahap, pada tahap pertama sebesar 29 persen dan pada puncaknya mencapai 49 persen.

“Sampai hari ini belum ada keputusan kapan akan dinaikkan, tetapi menurut SKK nya tidak mungkin harga tersebut bisa bertahan. Kita masih membuat kajian mengenai rencana kenaikan harga gas tersebut,” ungkap Amin.

Penulis : Marina

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − ten =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top