Kadinsos Batam : Ada 200 Anak yang Jual Koran di Jalanan | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Kadinsos Batam : Ada 200 Anak yang Jual Koran di Jalanan

Pemilik Media sudah Disurati Dinsos Batam

BATAM – Kepala Dinas Sosial(Kadinsos) kota Batam Raja Kamarulzaman mengungkapkan sebanyak 200 orang anak dipekerjakan oleh beberapa perusahaan pers yang ada di Batam.

Terkait hal ini, pihaknya telah menyurati perusahaan pers agar menertibkan loper koran dilapangan yang masih memanfaatkan anak-anak dibawah umur untuk menjual koran di jalanan.

“Kita sudah menyurati dan melakukan himbauan kepada pemilik koran, tapi sampai saat ini anak-anak masih tetap menjual koran dijalanan,” ujarnya kepada swarakepri.com, Sabtu(7/2/2015).

Ia juga mengatakan hampir semua koran besar yang terbit di Batam memanfaatkan anak-anak di bawah umur untuk menjual koran dijalan.

“Hampir semua koran menggunakan anak-anak,” jelasnya.

Menurutnya pemilik koran ketika dipertanyakan Dinsos Batam terkait keberadaan anak-anak tersebut berdalih hal itu adalah tanggung jawab.

“Alasan mereka itu adalah urusan loper. Tapi sampai sekarang tidak ada upaya dari loper untuk menertibkannya,” terangnya.

Meski demikian, ia mengaku Dinsos Batam tetap berupaya melakukan pembinaan terhadap anak-anak penjual koran yang ada termasuk para orang tuanya. “Pembinaan tetap kita lakukan kepada anak-anak itu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya ada beberapa perusahaan pers di Batam yang masih melakukan eksploitasi anak demi mencari keuntungan bagi perusahaan pers tersebut.

Tidak sulit menemukan anak-anak di Batam yang dieksploitasi oleh perusahaan pers. Salah satunya adalah gadis belia bernama Dea (11) yang menjajakan koran terbitan Batam di wilayah Batu Aji. Ia mengaku dibayar Rp 150 ribu per bulan oleh salah satu perusahaan pers di Batam dengan bekerja dari jam enam sore hingga jam satu subuh. (redaksi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top