Komisaris PT PMB Di Vonis 5,6 Tahun Penjara – SWARAKEPRI.COM
HUKUM

Komisaris PT PMB Di Vonis 5,6 Tahun Penjara

Kejaksaan Negeri Batam tengah adakan konferensi pers, Rabu (21/8/20)./Shafi

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam hmemvonis 5,6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar terhadap Komisaris PT Prima Makmur Batam (PMB), Z (37) tersangka kasus perambahan dan perusakan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

“Karena telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan kerusakan lingkungan,” kata Direktur Penegakan Hukum Pidana KLHK, Yazid Nurhuda, di Kantor Kejari Batam, Selasa (20/10/2020).

Kata Yazid, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai bahwa kegiatan perambahan yang dilakukan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pelestarian mangrove di kawasan hutan lindung. Sehingga menjadi pertimbangan memberatkan bagi terdakwa dan menuntut terdakwa sebagaimana dakwaan pertama.

“Perusakan kawasan hutan lindung itu mendapat perhatian Komisi IV DPR RI. Pada bulan Februari 2020, Ketua Komisi IV DPR, Sudin dan anggota Komisi IV DPR RI bersama Dirjen Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani mengecek kondisi lokasi yang dilaporkan,” ujarnya.

Lanjut kata dia, saat kunjungan tersebut ditemukan kegiatan membuka lahan hutan untuk dijadikan kavling perumahan menggunakan alat berat. Di lokasi inilah Z diamankan oleh tim.

“Dalam penindakan tersebut, penyidik Ditjen Gakkum KLHK selain mengamankan tersangka turut juga diamankan barang bukti berupa 8 Dump Truck, 1 Buldozer, dan 3 Excavator di lokasi,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani menyambut baik putusan dari PN Kota Batam atas vonis terhadap Z.

Dia berharap hal itu akan membuat jera pelaku dan para perusak lingkungan yang ada di Kota Batam. Pihaknya memberikan apresiasi terhadap kinerja para jaksa baik dari Kejaksaan Agung maupun jaksa dari PN Kota Batam.

“Direktorat Jenderal Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak akan berhenti untuk melakukan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan,” tegasnya./Shafix

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top