Kritik Lukita Pada Kesenjangan Pembangunan di Batam – SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Kritik Lukita Pada Kesenjangan Pembangunan di Batam

Lukita, Cawako Batam nomer 01 saat menyampaikan visi misi dan program di hadapan anggota dprd kota batam, Senin (16/11/2020)./Foto:Shafix

BATAM – Calon Wali Kota Batam nomor urut 01 Lukita Dinarsyah Tuwo mengkritisi masalahan pembangunan di Kota Batam yang menimbulkan kesenjangan.

Lukita mengaku prihatin dengan pembangunan kota Batam selama lima tahun terakhir yang masih berkutat pada infrastruktur serta terkonsentrasi di wilayah tertentu saja.

“Ini menimbulkan terjadinya kesenjangan pembangunan antara pulau Batam dengan pulau-pulau kecil lain di Kota Batam,” kata Lukita dalam penyampaian Visi Misi di depan anggota DPRD Kota Batam, Senin (16/11/2020) kemarin.

Menurut Lukita sangat mudah untuk melihat konsentrasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. yaitu melalui pos anggaran dalam anggaran belanja tahunan.

Konsentrasinya pembangunan Pemerintah Kota (Pemko) Batam pada sektor infrastruktur akhirnya berdampak pada sektor-sektor lain yang tidak tergarap secara maksimal.

“Sektor pendidikan dan sektor transportasi dalam kota tidak tergarap,” katanya.

Saat kota-kota lain telah menerima kehadiran transportasi online serta peremajaan sistem transportasi dalam kota, di Batam justru terjadi gesekan antar pekerja transportasi.

Selain itu, masalah klasik yang tidak pernah terselesaikan adalah persoalan rumah liar (ruli). Lukita menilai ada kesenjangan perlakuan antara warga yang tinggal di ruli dengan warga perumahan.

Ia menuturkan, masyarakat yang tinggal di rumah liar secara administratif tetap diakui sebagai warga kota dengan bukti kepemilikan KTP.

Namun kesenjangan muncul pada layanan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah.

“Untuk fasilitas listrik dan air berbeda dengan warga perumahan,” terang Lukita.

Lukita menegaskan bahwa pembangunan Kota Batam harus menyentuh aspek sosial.

“Pembangunan yang memanusiakan manusia,” harapnya./Din

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top