Laju Vaksinasi COVID-19 Menurun Hampir 50 Persen di Agustus 2022

JAKARTA — Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan jumlah suntikan vaksinasi COVID-19, baik dosis pertama, kedua dan ketiga, di Tanah Air terus mengalami penurunan sejak Mei. Bahkan pada bulan Agustus, laju penurunan tersebut hampir mencapai 50 persen dibandingkan Mei.

“Sayangnya laju suntikan atau jumlah suntikan yang dilakukan setiap bulannya terus mengalami penurunan sejak bulan Mei. Jika dibandingkan pada bulan Mei lalu, laju suntikan baik dosis satu, dua dan tiga sempat mencapai tujuh juta suntikan. Sedangkan di bulan Agustus ini hanya sekitar 3,8 juta suntikan atau berkurang hampir 50 persennya,” ungkap Wiku dalam keterangan pers secara daring, Jumat (26/8).

Capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Indonesia, menurutnya, masih di bawah 80 persen, sedangkan dosis ketiga masih sebesar 25 persen. Sementara menurut data pemerintah, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 86,62 persen.

Seorang pedagang menerima dosis vaksin Sinovac Biotech China untuk COVID-19 di Pasar Tanah Abang, 17 Februari 2021. (Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

Pemerintah, kata Wiku, akan terus melakukan upaya akselerasi cakupan vaksinasi untuk mengantisipasi kenaikan kasus penularan COVID-19 yang pada akhir-akhir ini lebih didominasi oleh sub-varian omicron, yaitu BA.4 dan BA.5. Selain itu, Wiku juga mengimbau pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mengidentifikasi kendala yang dialami dalam meningkatkan cakupan vaksinasi dosis dua dan tiga, untuk dilaporkan kepada pemerintah pusat.

“Tidak lelah saya ingatkan bahwa vaksinasi dan protokol kesehatan harus terus kita tingkatkan sebagai dua kunci sukses hidup berdampingan dengan COVID-19,” kata Wiku.

Page: 1 2

Redaksi - SWARAKEPRI

Recent Posts

BARDI Smart Home: Dari Garasi ke 4 Juta Pengguna – Apa Rahasianya?

Ketika banyak perusahaan lokal berjuang untuk bertahan hidup di tengah krisis pandemi, BARDI Smart Home…

30 menit ago

Elnusa Petrofin Kembali Gelar Program CSR ASIAP untuk Kurangi Sampah Laut di Desa Serangan, Bali

BALI - Permasalahan lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi tantangan serius bagi kelestarian ekosistem laut…

7 jam ago

Uji Kompetensi Bahasa Inggris, 32 Tim Peserta Ikuti Yos Sudarso Debating Championship 2024

BATAM - Yos Sudarso Debating Championship 2024 mulai digelar hari ini, Sabtu (21/09/2024). Kepala Sekolah…

7 jam ago

Gugatan HNSI Batam terhadap Kapal MT Arman 114 Diputus N.O

BATAM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam menjatuhkan putusan Niet Ontvankelijke Verklraad(N.O) atas gugatan Perbuatan…

7 jam ago

Inovasi Pengembangan Infrastruktur, BP Batam Dianugerahi Awarding tvOne

BATAM - Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) mendapatkan Penghargaan Inovasi Pengembangan Infrastruktur dalam Malam Penganugerahan…

8 jam ago

BRI-MI Raih Penghargaan sebagai The Most Popular Brand of the Year 2024

BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BRI-MI diganjar penghargaan yang diberikan oleh…

11 jam ago

This website uses cookies.