Lebih Baik Menganggur daripada Kerja tapi Stres – SWARAKEPRI.COM
Gaya Hidup

Lebih Baik Menganggur daripada Kerja tapi Stres

Ilustrasi/foto: istimewa





JAKARTA – Sebuah penelitian menyebut lebih baik menganggur daripada menekuni perkerjaan yang bikin stres. Orang dewasa yang tidak bekerja atau pekerjaannya tidak menyenangkan lebih stres sehingga berpengaruh pada kesehatan, termasuk kadar glukosa dan kolesterol dalam darah yang semakin tinggi, begitu juga timbunan lemak.

Tekanan darah dan kolesterol yang tinggi berkaitan dengan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung, penggumpalan darah bisa menyebabkan embolisme paru-paru, dan peradangan sering dikaitkan dengan kerusakan sendi, penyakit gusi, dan risiko terserang kanker yang lebih besar.

Para peneliti dari Universitas Manchseter di Inggris menganalisa 1.116 orang berumur 35-75 tahun yang menganggur antara 2009-2010. Kemudian mereka kembali dipantau pada 2010-2012. Kesehatan mereka diperiksa, termasuk sampel darah.

Dampak stres akibat pekerjaan diamati dengan mengukur beberapa faktor, termasuk kadar kolesterol, tekanan darah, denyut nadi, dan rasio dari pinggang ke pinggul. Kualitas pekerjaan dinilai dari gaji, keamanan, kontrol, kepuasan, dan kecemasan.

Hasilnya, mereka yang semula tidak bekerja dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang tidak menyenangkan justru bertambah stres. Kadar glukosa dan kolesterol dalam darah beberapa orang justru semakin buruk. Timbunan lemak pun semakin tebal sehingga meningkatkan kadar zat-zat yang bisa menyebabkan penggumpalan darah dan peradangan.

Kesehatan mental nyaris sama, antara saat bekerja dan tidak. Namun dari mana hasil ini didapatkan masih kurang jelas. Hasil penelitian itu dimuat di Journal of Epidemiology.

“Bila pekerjaan yang cocok baik untuk kesehatan, kita juga harus sadar pekerjaan yang buruk juga bisa berakibat jelek buat kesehatan,” jelas penulis penelitian, Profesor Tarani Chandola, di Daily Mail.










Sumber: Tempo.co

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top