Mulai 15 November Moya Operasikan Air Bersih di Batam, Ini Daftar Lengkap Transisinya – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Mulai 15 November Moya Operasikan Air Bersih di Batam, Ini Daftar Lengkap Transisinya

ilustrasi./Dok.Ist

BATAM – Mulai 15 November 2020 PT Moya Indonesia (MI) operasikan pengelolaan air di Kota Batam melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) BP Batam.

Perusahaan milik Salim Grup ini akhirnya berhasil menggeser PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang selama puluhan tahun menjadi operator pengelola air bersih di Kota Batam.

“Komitmen utama SPAM Batam ini adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga kota Batam mulai tanggal 15 November 2020,” ujar Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto kepada awak media di Marketing Center BP Batam, Jumat (13/11/2020).

Purwiyanto mengatakan, PT MI melalui koordinasi dengan BP Batam yang dalam hal ini SPAM Batam, berkomitmen memberikan hasil yang optimal. Terutama dalam memberikan pelayanan suplai air dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang terukur.

“Selain kualitas pelayanan pelanggan yang berkualitas, rasio cakupan layanan masyarakat penerima manfaat akses air bersih akan bertambah dengan signifikan,” bebernya.

Menurutnya, secara umum hal ini dilakukan sebagai upaya PT MI dalam partisipasinya melalui agenda nasional dibidang pembangunan dan penyediaan air minum di Indonesia.

Mengingat pemenuhan hak atas air bersih mutlak dibutuhkan dan merupakan hak bagi semua warga negara.

“BP Batam berkomitmen melayani SPAM dengan sebaik-baiknya guna mengakomodir kebutuhan air bersih masyarakat Batam. BP Batam juga menempatkan masyarakat sebagai prioritas utama dalam pelayanan SPAM,” pungkasnya.

Proses transisi pengelolaan air dari Adhya Tirta batam (ATB) ke PT MI sendiri sudah dimulai sejak 4 September 2020 setelah diserahkan oleh Kepala BP Batam.

Persiapan menjelang berakhirnya masa transisi yang dilakukan oleh PT MI telah mencapai tahapan hampir rampung. Berikut rincian progres aktifitas jelang masa transisi tersebut:

• Proses hand over akan dilakukan tanggal 13 November 2020, yang akan efektif dioperasikan mulai tanggal 15 November 2020.

• SPAM Batam di bawah tanggung jawab BP Batam yang dioperasikan oleh PT Moya Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Batam mulai tanggal 15 November 2020.

• Masing-masing bidang masih terus mempersiapkan, Progres rata-rata sudah mencapai 99%.

• Produksi meliputi orientasi dan penempatan operator sesuai jadwal.

• Distribusi termasuk NRW meliputi review capex, pemetaan jaringan distribusi, pengadaan logger jaringan, persiapan operasi GIS dan SCADA, pengenalan logger DMZ.

• Customer Management meliputi persiapan pencatatan meter, finalisasi kontrak House Connection, persiapan server, persiapan kantor layanan.

• Human Capital dan General Services meliputi penugasan karyawan, persiapan kantor layanan, persiapan infrastruktur, persiapan pihak pendukung dan lain-lain.

• Billing, Accounting dan Finance persiapan mitra penerima pembayaran, pencatatan semua arus keuangan, penagihan rekening.

• Asset, melakukan pencatatan semua asset yang diterima dan semua investasi baru.

• Saat ini pelanggan tetap dapat menggunakan identitas pelanggan yang lama dan tidak mengalami perubahan.

• Persiapan aspek Teknologi Informasi untuk mendukung operasi juga dimaksimalkan agar pelayanan dapat berjalan optimal.

• Efektif per tanggal 15 November 2020, layanan pelanggan 24 jam melalui Call Center 150155 siap melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan didukung oleh layanan social media yang saling terintegerasi yaitu Instagram, Twitter, Facebook, Email, Website, Live chat.

• Pembayaran pelanggan tidak terganggu dan pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan di payment point yang telah ditunjuk. Saat ini masih ada beberapa payment point sedang proses penambahan lokasi.

• Pelayanan Kios Air sebanyak 85 sambungan berjalan secara optimal.

• BP Batam menyediakan 4 mobil tangki air yang siap melayani kebutuhan air pelanggan yang dikoordinasikan melalui Call Center.

• Suplai air ke beberapa stress area dapat terlayani, yaitu Hang Kesturi Tj Uma, Sagulung Baru, Kavling Bahagia, Perum Putra Jaya dan Puri Pesona, Tanjung Uncang, Kavling Sagulung, Perum Taman Sari Hijau, Tiban kampong, Hang kesturi dan tanjung tritip, Tanjung Uma, Kampung Utama atas–Nagoya, Kampung Belimbing, Bengkong Permai-Bengkong./Shafix

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top