Musrenbang Tingkat Kabupaten Wujud Nyata Pembangunan Lingga Kedepannya – SWARAKEPRI.COM
ADVERTORIAL

Musrenbang Tingkat Kabupaten Wujud Nyata Pembangunan Lingga Kedepannya

Musrenbang Tingkat Kabupaten Wujud Nyata Pembangunan Lingga Kedepannya./Foto: Humas Pemkab Lingga

LINGGA – Dimasa Kepemimpinan Bupati Lingga Muhammad Nizar dalam membangun Kabupaten Lingga menjadikan daerah yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini di nilai lebih bermarwah.

Sebab tidak hanya dari segi pembangunan melainkan bidang peningkatan ekonomi masyarakat juga ia genjot agar mengurangi pengangguran di Kabupaten Lingga.

Terbukti, dengan mengoptimalkan lahan sawah yang bekerjasama dengan BPIP Kepri untuk pembibitan maka di tahun 2023 lalu Kabupaten Lingga sudah mengekspor udang Vaname sebanyak lebih kurang 100 Ton Budidaya perikanan air payau, air tawar, air laut, budidaya ikan kerapu, teripang dan rumput laut juga terus ditingkatkan.

Hingga saat ini, para nelayan di kabupaten lingga yang  menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan terus meningkat. Pada tahun 2022 jumlah nelayan yang memiliki kartu BPJS sebanyak 6.532 orang nelayan, sementara tahun 2023 sudah mencapai 9.797 orang nelayan.

Masuknya Tiga desa wisata dalam  300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun lalu, menjadi entry Poin dalam perkembangan dan pembinaan desa-desa wisata yang ada di kabupaten lingga.

Tahun 2022 P-A-D Pariwisata mengalami peningkatan over target yang mencapai 139 persen atau mengalami pertumbuhan 13, 29 persen dibanding tahun 2021.

Untuk kunjungan wisatawan juga mengalami peningkatan pada tahun 2023 ini. Hingga juli 2023, sudah ada 454 wisatawan dari mancanegara dan 14.350 wisatawan nusantara yang datang berkunjung ke kabupaten lingga.

Tahun 2023 Peningkatan infrastuktur dasar turut dilakukan dengan menambah pembangunan jalan, salah satunya finishing jalan tugu khatulistiwa.

Pembangunan sejumlah gedung kantor dalam urusan pemerintahan. Penataan lingkungan dengan pembangunan serta revitalisasi drainase baik di dalam kota maupun dilikungan desa.

Selain itu, pembangunan jembatan sebagai upaya memberikan kemudahan akses mobilisasi masyarakat.

Dalam penyediaan fasilitas air minum, pemerintah darah juga terlibat pada program nasional urban water projek atau NUWPS tahun 2023 yang dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah kepulauan Riau yang diperuntukan bagi masyarakat kecamatan Singkep dan singkep Pesisir dengan pelayan 1.503 rumah.

“Peran aktif peningkatan infrastuktur sanitasi, dalam peningkatan kesejahteraan ¬†masyarakat serta upaya lanjutan dalam penekanan angka stunting,” kata Bupati Lingga M. Nizar belum lama ini.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2023

To Top