Nah Loh, 33 Murid SMP Datangi Kantor DPRD Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Nah Loh, 33 Murid SMP Datangi Kantor DPRD Batam

Puluhan Murid SMP Yos Sudarso bertemu anggota DPRD Batam/FOTO : Dawen

BATAM – Sebanyak 33 murid kelas VIII Sekolah Menengah Pertama(SMP) Yos Sudarso mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kota Batam, Senin(5/12/2016). Kedatangan puluhan pelajar yang didominasi para siswi dan tanpa didampingi oleh guru ini membawa beberapa pertanyaan kepada anggota Dewan. Mereka diterima di ruang rapat Komisi III DPRD Batam.

Ketua komisi III Joko Mulyono mengatakan apresiasi kepada para pelajar, karena sudah berani datang dan mau mengunjungi kantor dewan.

“Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan, karena adik-adik ini sebagai generasi muda pelanjut estafet pembangunan di kota Batamm,” kata Joko, saat menemui pelajar di ruangan rapat komisi III DPRD kota Batam.

Joko menjelaskan salah satu tugas pokok DPRD adalah membuat perda atau legaslasi, merencanakan anggaran bersama pemko Batam, selanjutnya implementasi dari perda tersebut dengan pengawasan atau controling.

Didalam kesempatan itu, salah satu pelajar menanyakan bagaimana proses dalam sebuah peraturan daerah.

Hendra Asman menjelaskan kepada mereka bagaimana proses sebuah ranperda menjadi perda, usulan tersebut dapat dari inisiatif Pemko maupun dari DPRD yang mengusulkan perda.

“Contohnya inisiatif Dinkes, rokok itu berbahaya sehingga di usulkan lah ranperda Kawasan Tanpa Rokok, seperti tempat ibadah instansi dan tempat umum. Inisiatif tersebut dibahas menjadi ranperda, kemudian dapat dijadwalkan untuk di paripurnakan menjadi perda,” ujar Hendra yang juga alumni Yos Sudarso.

Tampak para pelajar serius mendengarkan dan mencatat setiap penjelasan dari anggota komisi DPRD kota Batam.

 

Verdawen Margote

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top