Operasi Patuh Seligi 2019, Polresta Barelang Fokus 3 Pelanggaran ini | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Operasi Patuh Seligi 2019, Polresta Barelang Fokus 3 Pelanggaran ini

BATAM – Operasi Patuh Seligi 2019 akan dilaksanakan selama dua minggu. Operasi ini dimulai  sejak tanggal 29 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 11 September 2019.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan, dalam Operasi Patuh Seligi ini ada delapan prioritas yang akan dilaksanakan oleh unit Lantas Polresta Barelang.

“Dari delapan prioritas ini ada tiga yang akan difokuskan, salah satunya adalah pengendara yang tidak menggunakan helm berlogo SNI. Lalu yang kedua adalah pengendara dibawah umur atau tidak memiliki SIM,”ujarnya, Rabu(28/8/2019).

“Kami akan memberikan warning kepada seluruh pelajar yang ada dikota Batam, yang merasa selama ini menggunakan sepeda motor untuk berpergian sekolah dan yang tidak mempunyai SIM, pasti kami akan melakukan penindakan,” tegasnya.

Selain itu pihaknya juga akan fokus terhadap pengendara yang melanggar arus.

“Masih banyak masyarakat yang melanggar arus. Kita akan berikan edukasi dan pemahaman kalau melanggar arus itu salah,” tambahnya.

Menurut Putu, Operasi Patuh Seligi 2019 ini lebih mengedepankan masalah penegakan hukum. Empat puluh persen memberikan edukasi kepada masyarakat berupa pembagian brosur dan sosialisasi, dan 60 persen penindakan hukum di jalan raya.

“Untuk pengendara jangan menghindar apabila menemukan razia dijalan raya, tetap tenang dan persiapkan SIM dan STNK anda. Kami hanya ingin memastikan Batam tertib administrasi dan masyarakat patuh terhadap aturan lalu lintas,” jelasnya.

Ditambahkan Putu, dalam pelaksanaan operasi Patuh Seligi 2019 ini pihaknya akan dibantu Dinas Perhubungan dan Dispenda Batam, Polisi Militer (PM) serta Jasa Raharja.

“Saat operasi tersebut kita akan upayakan bisa sidang langsung di tempat, artinya warga yang kena tilang bisa langsung sidang di lokasi,” katanya.

Putu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan cara mengecek legalitas, baik STNK maupun SIM agar dipastikan masih berlaku.

“Saya berharap dengan adanya operasi ini masyarakat lebih taat lagi dalam berlalu lintas di jalan raya, lebih disiplin dan juga dapat lebih berhati-hati saat berkendara serta bisa mematuhi lalu lintas yang ada,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Shafix

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 8 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top