Pansus Minta Kampung Tua Dijadikan Objek Wisata | SWARAKEPRI.COM
DPRD BATAM

Pansus Minta Kampung Tua Dijadikan Objek Wisata

BATAM – Panitia Khusus (Pansus) menggelar rapat pembahasan Ranperda terkait penataan dan pelestarian Kampung Tua dan mengundang seluruh stakeholder yang terlibat di Kampung Tua, baik pemerintah kota (Pemko) maupun Rumpun Khazanah Warisan Batam (RKWB).

Dalam rapat tersebut Ketua Pansus Ruslan Ali Wasyim ingin Kampung Tua dijadikan objek wisata baru di Kota Batam, rapat ini dilaksanakan di Kantor DPRD Kota Batam, Selasa (02/7/2019).

“Yang jelas bahwa semangat Kampung Tua ini kita tangkap terutama legalitasnya kemudian lahan mereka ini punya nilai ekonomis yang tinggi artinya ini bisa diberdayakan, dan ada juga yang tidak kalah penting lagi adalah kewajiban yang melekat dari pemerintah kota dalam rangka keberlangsungan Kampung Tua itu yaitu peningkatan infrasruktur, pelestarian budaya dan adat istiadat juga ada disitu,” ujarnya.

Dia menjelaskan nantinya ada Kampung-kampung tertentu yang akan di seleksi jika memenuhi kriteria menjadi salah satu tujuan objek wisata, maka nantinya akan dimasukan rangkaian program wisata sehingga wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung menjadi satu tujuan kunjungan yang wajib.

“Sehingga ini kalau bisa berjalan dengan baik tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan daerah, dan masyarakat setempat bisa diberdayakan itu artinya ekonomi kerakyatan berjalan tinggal bagaimana mengemasnya, pemerintah harus hadir disitu dan ini yang paling penting,” pungkasnya.

Dia berharap Pansus ini harus benar-benar dicermati sehingga bisa menjaga eksistensi Kampung Tua, ia menganggap ini adalah buah karya bersama sehingga nantinya walaupun ia sudah tidak menjabat lagi aturan atau regulasi ini tetap terjaga dan tidak akan berlaku surut.

 

 

 

 

Penulis : Shafix
Editor : Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top